4603 WBP di Lampung Peroleh Remisi Umum Tahun 2021

0
77

(Vibizmedia – Nasional) LAMPUNG_INFO – Selasa (17/08/2021) Dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, melalui Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melaksanakan Kegiatan Penyerahan Remisi Umum bagi Narapidana dan Anak serentak di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jajaran Pemasyarakatan di seluruh Indonesia.

Di Jajaran Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung, Sebanyak 4.603 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan Anak mendapatkan haknya berupa remisi umum yang tersebar di 16 UPT Pemasyarakatan. Dimana 4473 mendapatkan Remisi Umum I dan 130 mendapatkan Remisi Umum II dimana dapat langsung bebas.

Kegiatan yang diselenggarakan secara Virtual Zoom Meeting ini juga dihadiri secara langsung di Aula Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Narkotika Bandar Lampung oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Irwan Sihar Marpaung mewakili Gubernur Lampung beserta dengan Perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Provinsi Lampung.

Plt. Kepala Kantor Wilayah, Iwan Santoso yang menjadi tuan rumah didampingi dengan Kepala Divisi Pemasyarakatan, Farid Junaedi, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Nur Ichwan, Kepala Lapas Narkotika, Kunrat Kasmiri menyambut hangat kehadiran Forkopimda Provinsi Lampung.

Kegiatan dilaksanakan dengan beberapa rangkaian acara, Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Reyhard Silitonga membacakan laporan terkait dengan penyampaian Remisi Umum. Reyhard menjelaskan syarat seorang WBP untuk mendapatkan remisi diantaranya berkelakuan baik dalam kurun waktu remisi berjalan, untuk tindak pidana umum harus telah menjalani pidana minimal 6 (enam) bulan dihitung sejak tanggal penahanan; Untuk tindak pidana terkait PP 99 tahun 2012 pasal 34A tetap harus menjalani pidana minimal 6 (enam) bulan dengan melampirkan syarat-syarat sesuai ketentuan.

“Pemberian remisi bukan serta-merta bentuk kemudahan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan untuk cepat bebas, tetapi merupakan instrumen dan wahana normatif untuk meningkatkan kualitas pembinaan, mendorong motivasi diri sehingga Warga Binaan Pemasyarakatan mempunyai kesempatan, kesiapan budaya adaptasi tinggi dalam proses Reintegrasi Sosial, melakukan internalisasi dan implementasi nilai-nilai pembinaan yang diperoleh sebagai modal untuk kembali ke lingkungan masyarakat secara tepat dan nyata” jelas Reynhard.

Dilanjutkan penyerahan remisi umum secara serentak, dimana Pemberian remisi umum secara simbolis dilakukan kepada 4 (empat) perwakilan WBP Lapas Kelas IIA Narkotika Bandar Lampung yang diserahkan langsung oleh Irwan Sihat Marpaung.

Selanjutnya, Menteri Hukum dan HAM, Yassona H. Laoly memberikan sambutan Pemberian Remisi HUT RI ke-76 menyampaikan bahwa Remisi diharapkan dapat mempercepat proses kembalinya Narapidana dan Anak dalam kehidupan bermasyarakat.

“Selamat atas Remisi tahun ini bagi seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)/Rumah Tahanan Negara (Rutan)/Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) di seluruh Indonesia” ucap yassona

Tak lupa Yassona juga berpesan kepada jajaran Pemasyarakatan agar semakin meningkatkan kewaspadaan dan bekerja lebih ekstra dalam upaya menangani wabah COVID-19, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pada setiap aktivitas.

Setelah rangkaian Zoom serentak berakhir, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Narkotika Bandar Lampung menutup kegiatan dengan Persembahan Drama Musikal yang diperankan oleh Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Narkotika Bandar Lampung.

Sumber :  (HUMAS KEMENKUMHAM LAMPUNG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here