Kenakan Baju Adat Daerah, Dalam Rangka Peringati Proklamasi Kemerdekaan KE-76 Secara Virtual

0
75

(Vibizmedia – Nasional) Manokwari – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Kemenkumham) Papua Barat, Slamet  Prihantara yang didampingi oleh Kepala Divisi Administrasi (Piet Bukorsyom), Kepala Divisi Pemasyaratan (Masjuno), Kepala Divisi Keimigrasian (A. Pallawarukka) dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Alex Cosmas Pinem) mengikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi  Kemerdekaan RI Ke-76 secara virtual, Selasa (17/08). Secara kompak menggenakan pakaian adat daerah, para Pimpinan Tinggi Pratama mengikuti kegiatan ini dari Aula Kanwil melalui live streaming Youtube.

Senada dengan para Pimpinan Tinggi Pratama seluruh  Pejabat Struktural dan Pegawai  turut serta menyimak dengan khidmat upacara tersebut melalui virtual dari kediaman masing-masing.

Meski dibatasi oleh pandemi Covid 19, namun begitu tidak mengurangi kekhikmatan dan kelancaran rangkaian kegiatan.  Beragam pakaian adat yang dikenakan oleh para peserta yang memperingati hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia tersebut menjadi warna sendiri dari semangat kesatuan dari Bhinnekaan.

Upacara bendera Peringatan Hari Kemerdekaan RI tahun 2021 ini terpusat di Istana Merdeka, Jakarta. Kemudian disiarkan langsung melalui berbagai media yang dapat disaksikan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Tepat pukul 10:17 WIB (12:17WIT) Peringatan Detik-detik Proklamasi Peringatan HUT ke-76 RI dilangsungkan. Seluruh masyarakat Indonesia antusias dengan rela menghentikan sejenak dari rutinitas untuk turut serta memberikan penghormatan kepada sang Saka Merah Putih saat dikibarkan.

Bentindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang dengan gagahnya mengenakan pakaian adat Lampung. Sementara itu Ketua dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Puan Maharani membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan. Sedangkan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas bertindak memimpin pembacaan do’a.

Pada peringatan Hut RI Ke-76 ini mengusung  tema   “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” yang mendeskripsikan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan, agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik.

Sumber : Humas Kemenkumham Pabar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here