Blok Rokan: Pertamina Optimis Capai Target Pengeboran 161 Sumur Baru

0
89
Pertamina Optimis Capai Target Pengeboran 161 Sumur Baru di Blok Rokan (Foto: SKK Migas)

(Vibizmedia – Industry) PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) optimistis dalam empat bulan ke depan bisa mencapai target pengeboran 161 sumur baru di Blok Rokan, Provinsi Riau.

Hal ini disampaikan melalui keterangan resmi pada Kamis (19/8/2021), oleh Direktur Utama PHR Jaffee Arizon Suardin. Diterangkan bahwa sejak alih kelola dari PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) pada 9 Agustus 2021, Pertamina telah mengebor enam sumur baru di Blok Rokan, dan sebelumnya mengebor empat sumur baru selama masa transisi.

“Kami sangat optimis karena sebelum alih kelola kami sudah menyediakan rig dan materialnya, serta kru yang dibutuhkan agar pekerjaan itu bisa selesai,” kata  Jaffee.

Pertamina kini telah memiliki 10 sumur baru yang aktif di Blok Rokan melalui pengeboran yang efisien.

“Awalnya pengerjaan mencapai 20 hari sekarang bisa 11 hari. Kegiatan lain ada juga pengeboran yang dari target tujuh hari bisa selesai dalam lima hari,” ujar Jaffee.

Berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Blok Rokan merupakan salah satu wilayah kerja strategis yang telah menghasilkan lebih dari 11 miliar barel minyak sejak tahun 1951 hingga 2021.

Sepanjang semester pertama 2021, rata-rata produksi wilayah kerja tersebut mencapai 160,5 ribu barel per hari atau sekitar 24 persen dari produksi nasional dan 41 juta kaki kubik per hari untuk gas bumi.

Blok Rokan merupakan ladang migas terbesar kedua di Indonesia yang memiliki luas 6.453 kilometer persegi dengan 10 lapangan utama, yaitu Minas, Duri, Bangko, Bekasap, Balam South, Kotabatak, Petani, Pematang, Petapahan, dan Pager.

Pertamina telah mencanangkan kegiatan pengeboran 161 sumur baru di Blok Rokan untuk tahun ini. Selanjutnya, Pertamina juga mencanangkan akan melakukan pengeboran hingga 500 sumur baru pada 2022 mendatang.

Emy T/Journalist/Vibizmedia
Editor: Emy Trimahanani

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here