Jelang Penilaian TPN, Tim Itjen Lakukan Evaluasi dan Penguatan Bagi Jajaran Kanwil Kemenkumham NTT

0
195

(Vibizmedia – Nasional) Kupang – Tim Penilai Internal (TPI) Inspektorat Jenderal Kemenkumham melakukan kegiatan Monitoring dan Penguatan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di Ruang Multi Fungsi Kanwil NTT, Jumat (20/08/2021). Kegiatan tatap muka ini diikuti seluruh Tim Pokja Pembangunan Zona Integritas Kanwil Kemenkumham NTT, dibawah pimpinan Kepala Kantor Wilayah, Marciana Dominika Jone dan Kadiv Administrasi selaku Ketua Pembangunan ZI Kanwil, Garnadi.

Tujuannya untuk menindaklanjuti hasil Entry Meeting Monitoring dan Penguatan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM pada Satuan Kerja di Lingkungan Kanwil Kemenkumham NTT pada Rabu (10/08/2021) lalu.

Kegiatan dibuka oleh Tim dari Itjen yang beranggotakan para Auditor, Ari Prambudi, Ardiles Ricky Susilo, Nindra Hapsari, dan Indah Widyasari yang terlebih dulu meminta menampilkan video profil, yel-yel dan jingle milik Kanwil. Selanjutnya Kakanwil Marciana menjelaskan tentang Maskot Si Ando (Sasando, Sukun, Komodo). Maskot ini menggambarkan seluruh ASN Kanwil Kemenkumham NTT melaksanakan tugas dan fungsi yang bermanfaat bagi masyarakat, menjadikan Pancasila sebagai harga mati, serta kuat dan tangguh mewujudkan visi, misi, dan tata nilai Kemenkumham, serta menyampaikan paparan pembangunan Zona Integritas Kanwil NTT.

Sesudah itu, para Ketua Pokja 6 Area Perubahan ZI diberikan kesempatan oleh TPI untuk menjelaskan tindak lanjut hasil evaluasi TPI sebelumnya yang tertuang dalam Berita Acara Evaluasi yang mana semuanya telah ditindaklanjuti dengan memperbaiki dokumen serta menguploadnya pada aplikasi ERB.

Selama pelaksanaan kegiatan, seluruh peserta, baik TPI maupun Tim Pokja, menerapkan protokol kesehatan dengan ketat selama kegiatan monitoring dan penguatan berlangsung. Tim Pokja khususnya mempersiapkan data dukung dan penyelesaian atas rekomendasi penilaian TPI pada On Desk Evaluation, 25 Mei 2021 lalu. Melalui kegiatan ini, Kanwil Kemenkumham NTT diharapkan dapat lebih mematangkan persiapan dalam menghadapi penilaian Tim Penilai Nasional (TPN). Dengan demikian, pembangunan Zona Integritas untuk meraih predikat WBK dapat terwujud tahun ini. Kendati, hal terpenting dalam pembangunan Zona Integritas adalah pelaksanaannya dan bukan hanya sekedar melengkapi dokumen.

Hal tersebut menjadi poin penting yang selalu ditekankan Kakanwil Marciana dalam setiap kesempatan. Menurutnya, WBK itu jangan hanya sekedar pemenuhan dokumen semata, tapi semangat untuk meraih WBK harus menjadi pemacu untuk terus berkarya dan berkinerja bagi kepentingan organisasi, masyarakat, juga sebagai bentuk tanggung jawab kepada Tuhan.

“Pembangunan Zona Integritas ini kita awali dengan semangat. Yang penting itu, mindset, pola pikir kita berubah dari diri sendiri dulu untuk mewujudkan WBK. Inilah inti dari pembangunan Zona Integritas,” ujar Marciana.

Kakanwil Marciana menyampaikan terima kasih atas evaluasi berikut dengan catatan-catatan yang diberikan TPI. Pihaknya memandang catatan dari TPI sebagai hal yang positif untuk lebih menyempurnakan data dukung pembangunan Zona Integritas menuju WBK.

“Kami sangat senang menerima semua masukan karena menjadi catatan perbaikan untuk kami dan kami akan segera menindaklanjuti. Semoga dengan penguatan ini, Kanwil NTT bisa terus berbenah ke arah yang lebih baik,” ujarnya Marciana mengakhiri kegiatan tersebut.

Sumber : Humas Kanwil NTT 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here