Sosialisasi Undang-undang Nomor 42 Tahun 1999 Tentang Jaminan Fidusia di Bangko

0
203

(Vibizmedia – Nasional) Bangko-Jambi, Kamis (19/08/2021) Globalisasi disektor ekonomi berpengaruh terhadap dunia usaha, dan diperlukan dukungan melalui peran serta pemerintah dan pihak swasta, peran pemerintah selaku regulator terus mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi dalam sekala lokal maupun regional serta memberikan perlindungan hukum dan kepastian hukum kepada para-pelaku usaha maupun masyarakat.

Tetapi Dalam perkembangannya permohonan pendaftaran Jaminan fidusia ini tidak lagi dilakukan secara manual tetapi dilakukan secara elektronik (online system), dengan harapan terwujud layanan prima (one day service). Terkait dengan  jaminan, di Indonesia ada beberapa lembaga Jaminan seperti; Gadai, Hak Tanggungan dan Fidusia yang menjadi kewenangan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM adalah tentang pendaftaran Jaminan Fidusia. Untuk itu bertempat di hotel Family Inn Bangko, Kanwil kemenkumham Jambi melalui Divisi Pelayanan Hukum dan HAM mengadakan Sosialisasi Undang-undang Nomor 42 Tahun 1999 Tentang Jaminan Fidusia.

Acara diawali dengan laporan ketua panitia penyelenggara yang disampaikan oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Parsaoran Simaibang.

Mhd. Jahari Sitepu selaku Kepala Kantor Wilayah Jambi yang membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Undang-Undang tentang Jaminan Fidusia dalam sambutannya menyampaikan ”melalui Sosialisasi ini kita harapkan baik para penegak hukum, para notaris, para pelaku usaha/perbankkan dan lembaga finansial serta masyarakat dapat memahami dan menyamakan persepsi tentang Hukum Jaminan Fidusia yang menguntungkan baik bagi kreditur maupun debitur dalam menjalankan usahanya. saya mengharapkan dalam kesempatan ini dapat memahami pentingnya tentang perlindungan hukum Jaminan Fidusia. Melalui Sosialisasi ini kita harapkan baik para penegak hukum, para notaris, para pelaku usaha/perbankkan dan lembaga finansial serta masyarakat dapat memahami dan menyamakan persepsi tentang Hukum Jaminan Fidusia yang menguntungkan baik bagi kreditur maupun debitur dalam menjalankan usahanya.”

Sumber : (dok/foto : Humas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here