Kanwil Kemenkumham DIY Ikuti Diskusi Publik Rekomendasi Kebijakan Penelitian

0
176

(Vibizmedia – Nasional) YOGYAKARTA – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DIY ikut serta dalam Diskusi Publik Rekomendasi Kebijakan Penelitian. Diskusi publik ini diselenggarakan oleh Pusat Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM.

Diskusi publik bertema ‘Evaluasi Peran ASN sebagai Agen Perubahan/Tunas Integritas dalam Mewujudkan Reformasi Birokrasi yang Berkelanjutan’ dilaksanakan secara virtual, Jumat (20/8/2021). Kepala Bagian Program dan Humas, F Surya Kumara, hadir sebagai perwakilan dari Kanwil Kemenkumham DIY.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Balitbang Hukum dan HAM, Sri Puguh Budi Utami. Ia menekankan agar setiap satker mengutamakan kepuasan publik dalam menikmati layanan yang berkualitas.

“Sejauh mana kualitas pelayanan publik kita, apakah publik menikmati benar pelayanan terbaik kita,” ujarnya.

Menurut Sri Puguh, kepuasan publik bisa dipetakan dari hasil penelitian dan pengkajian, dan satker diminta menindaklanjuti rekomendasi terkait survei dari Balitbang Hukum dan HAM. Survei yang telah dilakukan Balitbang Hukum dan HAM apakah sudah benar-benar bisa digunakan sebagai dasar survei IPK dan UKM yang kredibel.

“Kegiatan ii mendiskusikan hasil penelitian Tim Peneliti Balitbangkumham untuk mendapatkan masukan-masukan hasil penelitian dan menjadi dasar untuk pengambilan kebijakan, khususnya terkait peran agen perubahan dan kualitas pelayanan publik,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam diskusi publik ini Surya memberi masukan perlunya kebijakan terkait standar laporan agen perubahan. Selain itu penting juga untuk menyamakan persepsi terkait program dan target kinerja.

“Perbedaan dalam penentuan kriteria menjadi agen perubahan perlu disamakan persepsinya, program target kinerja, dan rencana aksi sehingga keberadaan agen perubahan ini memberi kontribusi percepatan capaian tujuan Reformasi Birokrasi,” ujar Surya.

Sumber : Humas Kemenkumham Jogja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here