Sinergi dengan BRI, Kanwil Kemenkumham DIY Dukung Penuh Perlindungan Produk UMKM

0
191

(Vibizmedia – Nasional) YOGYAKARTA – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DIY hadir dalam Rumah BUMN Edukasi Kekayaan Intelektual untuk Lindungi Produk UMKM. Perlindungan produk UMKM seperti pendaftaran kekayaan intelektual juga dilakukan melalui kerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

“Peran Kanwil Kemenkumham sebagai payung hukum untuk melindungi produk-produk UMKM dengan melakukan pendaftaran Kekayaan Intelektualnya, baik merek, hak cipta, paten, maupun desain industrinya,” kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DIY, Budi Argap Situngkir, Kamis (19/8/2021).

“BRI juga turut andil untuk membantu UMKM dengan memberikan fasilitasi pendaftaran merek dari produk yang dipasarkan, dan ditunjuk sebagai salah satu bank untuk pembayaran PNBP merek,” lanjutnya.

Sebagai edukasi Kekayaan Intelektual, Budi Situngkir mengatakan bahwa salah satu strategi agar UMUM bisa bertahan selama pandemi yakni melalui perlindungan Kekayaan Intelektual. Kreativitas pelaku UMKM di masa pandemi sangat diperlukan guna mampu mendorong daya jual produk serta dituntut untuk memunculkan inovasi-inovasi baru.

Selain itu, Budi Situngkir menyampaikan edukasi kekayaan intelektual ini juga sebagai salah satu media penyebarluaskan informasi dan membangun kesadaran pelaku UMKM dalam melindungi merek dagangnya.

Pertemuan dalam rangkan membahas pembinaan bagi UMKM hari ini juga dihadiri anggota Komisi VI DPR RI, Subardi, serta pimpinan BRI Kantor Cabang Cikditiro Yogyakarta, Teguh Aribowo.

Sumber : Humas Kemenkumham Jogja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here