Kakanwil Kemenkumham Kalsel Ikuti Webinar Nasional P4GN

0
77

(Vibizmedia – Nasional) Kakanwil Kemenkunham Kalsel Ikuti Webinar Nasional P4GN

Banjarmasin, Humas_Info – Penyalahgunaan dan peredaran narkoba di Indonesia yang semakin meningkat menjadi sebuah ancaman yang serius bagi bangsa dan negara Indonesia karena dapat merusak generasi penerus bangsa. Kejahatan Narkoba di Indonesia mengancam semua kalangan tanpa pandang bulu. Pelaku kejahatan Narkoba dikenai proses hukum dan berakhir di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). Sebagai bentuk perlawanan penyalahgunaan dan peredaran narkoba di Indonesia, Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia menggelar Rapat Koordinasi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) yang terpusat di Kemenkopolhukam melalui media daring webinar.

Selasa (24/08), peserta yang mengikuti webinar nasional ini secara daring diantaranya, Pejabat Tinggi K/L terkait, Pemerintah Daerah dari 34 Provinsi yang terdiri dari, Gubernur; Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik; Kepala BNN Provinsi dan Kepala BNN Kab/Kota; Direktur Narkoba Kepolisian Daerah; dan Kepala Kanwil Kemenkumham. Salah satu peserta yang mengikuti webinar nasional P4GN ini yakni Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan, Tejo Harwanto yang mengikuti di ruang kerja Kakanwil. Webinar nasional P4GN ini bertemakan Sinergitas Antar K/L dan Pemerintah Daerah dalam Mempercepat Capaian Indonesia Bersih Narkoba menuju Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh.

Adapun narasumber kegiatan ini terdiri dari Sekretaris Utama BNN (Dunan Ismail Isja), Kepala Badan Reserse Kriminal Kepolisian Negara Republik Indonesia (Komisaris Jenderal Agus Andrianto), Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Bahtiar) dan Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI (Reyhard Saut Poltak Silitonga).

Webinar diawali dengan sambutan oleh Kepala Badan Narkotika Nasional, Komisaris Jenderal Polisi Petrus Reinhard Golose menyampaikan “Penyalahgunaan dan peredaran narkoba di Lapas setiap tahun terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham bahwa 46% penghuni Rutan dan Lapas adalah tahanan dan warga binaan mayoritas narkoba,” ucapnya.

Selanjutnya sambutan dari Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan webinar nasional, Mahfud MD menyampaikan, “dampak dari overcrowding jumlah penghuni Lapas dan Rutan menjadi salah satu celah dalam pengendalian, peredaran, penyalahgunaan narkoba oleh tahanan, warga binaan, dan atau oleh oknum petugas. Oleh karena itu perlunya pembangunan sistem di dalam Lapas untuk mempertajam sinergitas antara lembaga-lembaga terkait di dalamnya untuk memaksimalkan peran dan fungsi dalam pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba terutama di dalam Lapas.” jelasnya.

Kegiatan dilanjutkan dan diisi pemaparan materi oleh narasumber dari lintas Kementerian-Lembaga. Salah satu pemateri yakni Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI, Reyhard SP Silitonga dalam kesempatannya memaparkan tentang Membangun Sistem Terintegrasi dalam rangka Lapas Bersih Narkoba. Kegiatan webinar nasional berlanjut pada diskusi dan tanya jawab terkait P4GN. (Humas Kanwil Kalsel, foto & teks: Ricky, ed: Eko)

Sumber : Humas Kanwil Kalsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here