Menjelang Kehadiran Itjen untuk Pendampingan, Kakanwil Sampaikan Strategi Penguatan ZI pada Tim Pokja WBK Rutan Padang

0
91

(Vibizmedia – Nasional) Padang – Setelah meninjau Pembangunan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas II B Padang, Kakanwil Kemenkumham Sumbar, R. Andika Dwi Prasetya mengunjungi Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Padang yang lokasinya masih dalam satu komplek dengan LPP Padang pada Sabtu (28/8). Pada kunjungan ini, Kakanwil memberikan penguatan terkait penguatan Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju WBK kepada seluruh Tim Pokja WBK Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Padang.

Sebagai salah satu satuan kerja dilingkungan Kemenkumham Sumatera Barat yang lolos pada penilaian Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju WBK oleh Tim Penilai Internal (TPI) Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenkumham, Kakanwil memberikan arahan dan instruksi agar Rutan Padang siap mengikuti giat pendampingan yang akan dilaksanakan oleh Tim Itjen dalam rangka menetapkan satuan kerja yang layak disertakan dalam desk evaluasi TPN oleh Kemenpan RB.

Kegiatan penguatan ini dilaksanakan di ruangan sekretariat WBK/WBBM Rutan Padang. Kakanwil didampingi Kabid Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara dan Keamanan, Mubasirudin memberikan arahan dan penguatan kepada Karutan Padang, Mehdi beserta seluruh Ketua Pokja dan anggota Kelompok Kerja (Pokja) WBK Rutan Padang.

Kakanwil menyampaikan beberapa poin strategi kepada Pokja WBK Rutan Padang. Pertama, agar seluruh komponen pegawai Rutan Padang untuk bersemangat dan bahu-membahu dalam mempersiapkan dalam pembangunan ZI.

“Harus nampak betul semangat yang ikhlas dari seluruh jajaran Rutan Padang dalam melaksanakan pembangunan ZI. Seluruh jajaran harus terlibat dan berperan secara aktif”, pesan Kakanwil dalam arahannya.

Kedua, Kakanwil menyampaikan bahwa tujuan pembangunan ZI harus terinternalisasi dengan baik ke seluruh jajaran.

“Sehingga yang terjadi tidak hanya Rutan Padang berhasil melaksanakan pembangunan berkas/dokumen/LKE saja, tetapi harus terjadi perubahan mindset dan karakter dari seluruh jajaran Rutan Padang”, jelas Kakanwil.

Selanjutnya, strategi ketiga yang disampaikan Kakanwil pada kesempatan tersebut adalah terkait pemaksimalan sarana prasarana (sarpras) Rutan Padang.

“Sarana dan prasarana yang sudah ada maupun yang sedang disiapkan harus benar-benar dapat dioperasionalkan dengan baik dan maksimal,” lanjut Kakanwil menjelaskan.
Diakhir arahannya, Kakanwil kembali mengingatkan pentingnya pelayanan prima pada masyarakat maupun WBP.

“Kita harus lebih serius mempersiapkan, menerapkan, dan mengimplementasikan WBK dalam pekerjaan. Perbaikan sarana dan prasarana hanya pendukung tetapi pelayanan prima kepada masyarakat maupun WBP adalah hal yang terpenting,” ucapnya. Diharapkan dengan dilaksanakan kegiatan ini, dapat meningkatkan semangat dan motivasi seluruh pegawai untuk meningkatkan pelayanan publik yang berkualitas dan mendukung pembangunan Zona Integritas di Rutan Padang.

Sumber : (Humas Kemenkumham Sumbar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here