Daun Kelor yang Sarat Manfaat

0
110
Daun Kelor (Foto: Kementan)

(Vibizmedia – Health) Daun Kelor (Moringa oleifera) suatu tanaman yang telah digunakan sejak lama sebagai pengobatan tradisional yang berkhasiat untuk mengobati infeksi bakteri, diabetes, nyeri sendi, dan kanker. Tanaman ini dapat hidup di tanah yang tidak terlalu subur. Bentuk daunnya berukuran kecil. Ada berbagai manfaat dari daun kelor memang tidak diragukan lagi, karena sudah lama menjadi tanaman herbal.

Daun kelor dapat digunakan sebagai bahan masakan, teh herbal, jamu. Kandungan yang terkandung dalam daun kelor : protein, karbohidrat, zat besi, magnesium, kalium, kalsium, vitamin C, vitamin A, folat, vitamin B, serat, fosfor, selenium, zinc, tembaga, antioksidan.

Berikut ini berbagai manfaat dari daun kelor :

  1. Dapat menurunkan kadar kolesterol darah

Kadar kolesterol yang tinggi termasuk berbahaya, karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Daun kelor bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

  1. Daya tahan tubuh meningkat

Daun kelor diketahui dapat melawan virus, terutama jenis virus herpes simplex (HSV). Manfaat ekstrak daun kelor yang didasarkan dari penelitian di laboratorium, dapat melindungi tubuh dari berbagai jenis kuman (Salmonella typhi, Escherichia coli, Staphylococcus aureus).

  1. Kesehatan dan fungsi otak terpelihara

Daun kelor meningkatkan memori dan mendukung kinerja otak, dikarenakan adanya kandungan antioksidan. Sehingga kesehatan dan fungsi otak terjaga.

  1. Menurunkan kadar gula darah

Sebuah penelitian menemukan bahwa daun kelor dapat meningkatkan efektivitas kerja hormon insulin. Dapat mencegah diabetes dan terjadinya resistensi insulin. Namun, perlu diteliti lebih lanjut terkait pengobatan diabetes.

  1. Meredakan peradangan

Daun kelor mengandung antiinflamasi yang bernama isothiocyanate yang dapat mengurangi atau meredakan proses peradangan. Namun, perlu diuji lebih lanjut.

  1. Pertumbuhan sel kanker terhambat

Kandungan antioksidan dalam daun kelor dapat mencegah atau menghambat kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas. Daun kelor terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

  1. Tekanan darah terkontrol

Kandungan kalium dan antioksidan yang terkandung dalam daun kelor bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan menjaga tetap stabil sehingga mencegah hipertensi.

Apabila hendak menggunakan daun kelor sebagai pengobatan penyakit tertentu, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu ke dokter. Dikarenakan berbagai manfaat daun kelor yang masih perlu diuji lebih lanjut terkait efektivitasnya terhadap manusia. Daun kelor hingga saat ini belum terbukti aman apabila dikonsumsi oleh ibu hamil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here