Harmonisasi Ranperda Pertama Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu Bersama Kanwil Kemenkumham Kalsel

0
106

(Vibizmedia – Nasional) Harmonisasi Ranperda Pertama Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu Bersama Kanwil Kemenkumham Kalsel

Banjarmasin, Humas_Info – Untuk pertama kalinya, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu mengharmonisasikan Ranperda dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan. Momen yang baik ini dilaksanakan Kamis (26/08), bertempat di Aula Kanwil Kemenkumham Kalsel yang dipimpin langsung oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ngatirah didampingi oleh Kepala Bidang Hukum, Rustam Efendi, serta Kepala Sub Bidang Fasilitasi Pembentukan Produk Hukum Daerah (FPPHD), Dewi Woro Lestari bersama para Perancang Peraturan Perundang-undangan Kantor Wilayah.

Pengharmonisasian dari Kab. Tanah Bumbu ini disambut baik oleh Kadiv Yankumham dengan adanya 2 (dua) Ranperda yang diharmonisasikan, yakni Ranperda tentang Penyelenggaraan Perpustakaan dan Ranperda tentang Kabupaten Layak Anak. Kegiatan ini adalah hasil dari kerja sama antara Kanwil Kemenkumham Kalsel bersama Pemerintah Daerah Kab. Tanah Bumbu.

Hadir juga mewakili Pemda Kab Tanah Bumbu, Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kab. Tanah Bumbu, Irwan, Kepala Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBP3A) Kab. Tanah Bumbu, Narni, Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, M. Yusri dan Kepala Sub Bagian Perundang-undangan, Karmilah.

Pimpinan rapat, yakni Kadiv Yankumham Kalsel menyebutkan harapan manfaat harmonisasi Ranperda ke depannya bagi pemerintah daerah setempat. “Pengharmonisasian Ranperda dari Kab. Tanah Bumbu ini agar manfaatnya bisa dirasakan oleh Pemerintah Daerah, untuk itu pengharmonisasian ini dalam aturan terbaru wajib menggunakan Perancang Peraturan Perundang-undangan dari Kemenkumham, akan tetapi untuk inisiasi dari DPRD tidak diwajibkan. Pengharmonisasian ini dilakukan agar Perda yang dihasilkan nantinya lebih berkualitas,” jelas pimpinan rapat.

Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kab. Tanah Bumbu, Irwan mengucapkan terima kasih atas undangan pengharmonisasian 2 (dua) buah Ranperda dari Kab. Tanah Bumbu. “Kami berharap Ranperda dari Kabupaten Tanah Bumbu ini dapat kami perbaiki setelah dilakukannya pengharmonisasian hari ini, karena dua buah Ranperda ini sangat penting bagi Kabupaten Tanah Bumbu,” tukasnya.

Pembahasan pertama Ranperda penyelenggaraan kabupaten layak anak, Kepala Dinas KBP3A menyampaikan maksud dari ranperda tersebut merupakan amanah dari Undang-undang Dasar 1945 pasal 28b yaitu setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dan kejelasan dan diskriminasi. Untuk penyelenggaraan Kab. Layak Anak, Pemerintah Daerah harus mendukung target nasional Indonesia Layak Anak pada tahun 2030 mendatang.

Pembahsan selanjutnya mengenai Ranperda Penyelenggaraan Perpustakaan. Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, M. Yusri meyampaikan tujuan dari Ranperda tersebut guna meningkatkan kualitas penyelenggara perpustakaan, juga meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengembangan perpustakaan dan kebudayaan gemar membaca.

Pembahasan dan diskusi dilakukan oleh tim Perancang Peraturan Perundang-undangan Kanwil Kemenkumham Kalsel dengan memperhatikan substansi, filosofis, sosiologis dan yuridis dari kedua Ranperda tersebut. Saran-saran dan masukan dari Tim Perancang menjadi sangat penting untuk membuat Ranperda ini menjadi lebih berkualitas dan dapat dimengerti dengan mudah untuk masyarakat Kab. Tanah Bumbu.

Di akhir kegiatan, Kadiv Yankumham, Ngatirah menyampaikan bahwa apa yang telah disampaikan tim perancang Kanwil Kemenkumham Kalsel diharapkan bisa memberikan masukan yang berharga dan menjadi efektif serta berkualitas ketika sudah menjadi Perda.

Sumber : (Humas Kanwil Kalsel)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here