Nyam Nyam Uwenak : Lemper Ayam

0
90

(Vibizmedia-Nyam Nyam Uwenak) Lemper merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang paling terkenal dan menjadi makanan ringan yang banyak dicari. Bahkan biasanya lemper ini dikenal sebagai pengganjal perut sebelum makan makanan pokok.

Makanan tradisional ini penyajiannya sangat unik, dibungkus cantik menggunakan daun pisang. Beberapa orang ada yang membakarnya terlebih dahulu sebelum disajikan. Tujuannya agar aroma dari daun pisang dan ketan lebih keluar. Wah…sedap sekali!

Sekarang mari kita lihat resep yang diberikan oleh chef Andri Thio,  resep-resepnya selalu mantap hasilnya lho…yukk kita lihat,

Bahan yang diperlukan.
500 gram /1/2 kg beras ketan. Direndam kurang lebih 1-2 jam.

Daun salam 3 lembar.
Daun jeruk 4 lembar.
Sereh 1 batang.
Ayam yg sdh direbus/kukus 250 gram. Disuwir suwir.
Bawang putih 7 siung
Bawang merah 3 siung
Kemiri 3 buah.
Kencur 1 ruas ibu jari.
Santan 200 ml.
Air kurang lebih 600 ml
Semua bumbu diblender.

Cara Masak
Beras ketan dimasukkan dalam wajan dengan diberi air kurang lebih 400 ml. Diaduk dan diamkan. Lalu tambahkan santan cair 200 ml. Aduk sampai rata. Tambahkan gula pasir 1 sendok teh, garam 2 sendok teh, kaldu bubuk 3 sendok teh. Diaduk sampai beras ketannya aron Dan agak berat maka kompor dimatikan didiamkan sebentar lalu dikukus selama 30 menit.

Isian lemper:
Tumis wajan dgn minyak 100 ml saja masukkan bahan yang sudah diblender. Aduk sampai rata masukkan sereh, daun jeruk, daun salam. Diaduk sampai rata semua. Lalu masukkan gula pasir 1 sendok, garam 1 sendok, kaldu bubuk 3 sendok. Diaduk sampai kering dan matang. Angkat Dan sisihkan.

Cara membuat :
Ambil sekepal beras ketan yang sudah dikukus pipihkan lalu masukkan isian ayam, kemudian digulung seperti lontong, lalu kita taruh di daun pisang dan digulung. Untuk cita rasa yang lebih nikmat lemper yang sudah jadi kita panggang atau bakar selama 5-10 menit sampai kering dan daun berubah warna.
Semakin harum dan gurih lempernya keluar juga aroma bakarannya.
Selamat Mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here