Akankah Merger Icon+ PLN ke IndiHome Angkat Saham Telkom (TLKM) ?

0
90

(Vibizmedia – IDX Stocks) – Kebijakan yang sedang dijalankan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) saat ini untuk menata bisnis hilir internet akan membawa perubahan lanskap bisnis sektor ini.

Seperti diketahui, setelah cukup lama menjadi pemain tunggal dalam bisnis rentang kabel internet dari BUMN, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. kedatangan pesaing dari kalangan perusahaan pelat merah juga.

Penantang terbesar adalah PT Indonesia Comnets Plus (Icon+) sebagai anak usaha PT PLN (Persero). Lainnya PT Jasamarga Related Business (JMRB), anak usaha PT Jasa Marga Tbk. (JSMR).

Dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR, Senin (30/8/2021), Menteri BUMN Erick Thohir memberikan sinyal untuk merapikan bisnis anak usaha PLN yakni Icon+ dengan Telkom.
Penggabungan tersebut dilakukan untuk menghindari persaingan bisnis antar-BUMN di sektor yang sama. Selain itu, penggabungan juga akan membuat kerja keduanya makin efektif dan sinkron.

Untuk pergerakan harga saham TLKM hari ini, dibuka naik 20 poin tadi pagi ke level 3420 dari posisi sebelumnya, di 3400. Kemudian bergerak turun ke zona merah dengan pergerakan antara 3330 – 3420, sampai akhirnya ditutup merosot 1.76% atau 60 poin ke harga Rp3340 per lembar. Dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 85.14 juta dengan nilai sebesar Rp286.34 milyar.

Dan untuk kinerja saham TLKM selama tahun 2021 ini, telah menguat sebesar 0.91%
Jika di lihat dari valuasi sahamnya maka PER saham TLKM adalah 13.29 kali dan price book value ratio (PBV) berada di 3.36 kali. Nilai kapitalisasi pasar mencapai Rp330.87 triliun.

Selasti Panjaitan/Vibizmedia
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here