Ketua DWP Kanwil Kumham Kalbar Kunjungi Bali Gundi

0
89

(Vibizmedia – Nasional) Putussibau – Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kanwil Kemenkumham Kalbar sekaligus penasehat Keluarga Besar Pengayoman, Agnes Fery Sihite, melakukan kunjungan ke rumah Betang Bali Gundi guna melihat dan membeli hasil kerajinan tangan warga Bali Gundi Kabupaten Putussibau, Selasa (31/08).

Betang Bali Gudi adalah salah satu nama rumah betang yang berada di Kab. Kapuas Hulu. Berada di sebelah utara Putussibau, tepat nya di Sibau Hulu. Letaknya cukup strategis berada di sisi kanan jalan raya. Nama Bali Gundi memiliki makna filosofis tersendiri. Bali yang berarti “Membeli” dan Gundi berarti “Tempayan”. Yang jika di satukan menjadi Bali Gundi dalam pengertian orang Taman yaitu “Membeli Tempayan”. Diceritakan pada zaman dahulu ada seorang bidadari dari kayangan yang menukarkan pulau sibau ini dengan sebuah tempayan untuk tempat tinggal mereka, dan akhirnya terciptalah nama Bali Gundi ini.

Pembuatan Bali Gundi di tahun 1996, bisa terjadi atas musyawarah beberapa kelompok orang Taman di sekitar Putussibau yang ingin mengembalikan lagi kekayaan kultural orang Taman.

Saat ini ketelatenan orang Taman tecermin dalam kerajinan manik-manik yang dilakukan oleh perempuan-perempuan penghuni rumah betang. Kemampuan mengolah emas dan perak menjadi perhiasan sudah lama tidak ditekuni lagi karena kondisi ekonomi sudah berubah. Orang Taman yang ada di sekitar Putussibau telah lama tidak mendapatkan ‘kejayaan’ mereka yang pernah mereka miliki saat mereka terkenal sebagai pedagang dan perajin yang menjelajahi bandar-bandar perdagangan internasional di Sungai Kapuas dan Sungai Landak.  Kebanyakan orang-orang Taman yang sudah berjaya jauh di luar tanah lahirnya tidak kembali pulang. Kini Rumah Betang di Kapuas Hulu menunggu anak-anaknya untuk menemukan kembali budaya kebesaran mereka

Sumber :Humas Kanwil Kalbar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here