BEI: Berkat Kegiatan Edukasi Masif, Berbagai Capaian Signifikan Telah Diperoleh

0
82

(Vibizmedia – IDX Stocks) – Bursa Efek Indonesia mencatat aktivitas investor naik dua kali lipat menjadi 198.858 per hari per Agustus 2021.

Sampai bulan kedelapan tahun ini, rata-rata investor aktif per hari mencatatkan peningkatan dua kali lipat menjadi 198.858 dari 94.704 single investor identification (SID).
Adapun rata-rata investor aktif per bulan turut meningkat 2,2 kali lipat menjadi menjadi 641.442 dari 293.886 SID.

Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi mengatakan peningkatan transaksi tidak lepas dari pertumbuhan jumlah SID.

Menurutnya, berkat kegiatan edukasi masif yang dilakukan oleh BEI bersama seluruh stakeholders Pasar Modal Indonesia berbagai pencapaian signifikan telah diperoleh.

Menurutnya ada beberapa rekor yang terpecahkan seperti peningkatan jumlah SID saham maupun SID pasar modal, peningkatan jumlah investor yang aktif bertransaksi, peningkatan aktivitas investor domestik ritel dari sisi frekuensi dan nilai transaksi, bahkan kepemilikan saham tahun ini yang semakin didominasi oleh investor domestik.

Menurut Hasan Fawzi, pencapaian tersebut karena semakin masifnya kegiatan edukasi yang merupakan kolaborasi antara SRO dan OJK dengan pemangku kepentingan edukasi pasar modal di seluruh Indonesia setiap tahunnya.

“Adaptasi ke format edukasi digital juga dilakukan dengan cepat sebagai respon atas kondisi pandemic sekaligus sebagai upaya perlindungan investor,” ujar Hasan Kamis (2/9/2021).

Pada 2020 tercatat telah dilakukan sebanyak 8.997 kegiatan edukasi. Sepanjang tahun ini, per Juli 2021 telah dilaksanakan 3.991 kegiatan literasi, inklusi, aktivasi, dan pendalaman pasar modal yang dilakukan dalam kelas tatap muka serta kelas daring dengan total 600.622 peserta.

“Kami juga menyadari bahwa tantangan ke depan adalah mendampingi investor baru dengan bekal edukasi pasar modal yang cukup untuk memulai perjalanan investasinya dan sebagai wujud perlindungan investor,” pungkas Hasan.

Selasti Panjaitan/Vibizmedia
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here