Komisaris BEI – Pandu Sjahrir: Peranan Investor Milenial Saat Ini dan Akan Datang dalam Pertumbuhan Bursa Saham Indonesia

0
105

(Vibizmedia – IDX Stocks) – Sejak diangkat menjadi salah satu Komisaris BEI pada 30 Juni 2020 lalu, Pandu Satria Sjahrir menyatakan rasa syukurnya dapat menjadi bagian dari perjalananan Bursa Efek Indonesia dalam satu tahun terakhir ini. Berbagai perkembangan yang positif telah dicapai, mulai dari pertumbuhan jumlah investor ritel di kalangan millenial yang sangat pesat, hingga kehadiran “unicorn” pertama di Bursa Efek Indonesia.

Sangat bangga dengan kemajuan Pasar Modal kita. Semoga momentum ini bisa terus terjaga dan menjadi langkah positif bagi Bursa Efek Indonesia agar semakin menjadi alternatif investasi yang dipercaya dan bisa membawa kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia. Sekali lagi terimakasih untuk kerja keras kita semua dan dukungan yang diberikan!, demikian yang tertulis pada akun Instagram @pandusjahrir

Strategi yang dipakai untuk meningkatkan jumlah investor retail baru dari kalangan milenial, selain dengan melakukan kegiatan edukasi yang masif kepada kelompok-kelompok masyarakat terutama generasi muda juga strategi dengan memakai sosial media dan para influencer muda menjadi sangat penting. Dimana para investor muda, para milenial ingin lebih cepat didalam mendapatkan informasi yang akan dipakai dalam proses bertransaksi, beli dan jual.

Kelompok anak muda akan lebih banyak memilih saham sebagai alternatif investasi dibandingkan pilihan investasi di masa 20 tahun sebelumnya dimana orientasi investasi mengarah kepada investasi di tanah dan rumah. Dimana mindset angkatan sebelumnya, di sekitar 20 tahun lalu, punya keyakinan bahwa investasi di tanah dan rumah itu tidak akan rugi.

Kegiatan edukasi yang sangat giat diselenggarakan oleh pasar modal Indonesia akhir-akhir ini, tidak terlepas dari peranan Pandu Sjahrir sejak diangkat menjadi salah satu Komisaris BEI, 30 Juni 2020 yang lalu.

Dengan merangkul, memberikan edukasi dan komunikasi yang baik kepada kaum milenial menjadi sangat penting terutama di masa pandemi seperti sekarang ini dimana solusi bertransaksi sudah sedemikian dimudahkan dengan perkembangan teknologi digital.

Dan dalam kondisi di masyarakat kita yang belum teredukasi dengan baik mengenai risiko dalam berinvestasi di saham, maka edukasi dan komunikasi yang baik dengan para influencer menjadi sangat penting karena mereka mempunyai tanggung jawab moral kepada pengikut mereka (followers).

“Investor mileneal memegang peranan penting didalam pergerakan bursa saham di Indonesia baik saat ini bahkan sampai dimasa yang akan datang,” demikian pandangan Pandu Sjahrir yang disampaikan kepada Vibiznews.com dalam Program Vibiznews Dialogue & Opinion pada beberapa hari yang lalu.

Dimulai dari menjadi investor dengan modal yang kecil sesuai penghasilan saat ini, kemudian akan terus berkembang sampai akhirnya menjadi investor yang semakin mapan. Investor milenial saat ini akan menjadi investor aktif saat mereka memasuki umur 40 tahun.

Selasti Panjaitan/Vibizmedia
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here