Bahas Kondisi Pelayanan Publik, Kakanwil Kemenkumham Kalbar Audiensi Bersama Bupati Kapuas Hulu

0
66

(Vibizmedia – Nasional) Putussibau – Masih dalam rangkaian lawatannya ke Kota Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat, Fery Monang Sihite kali ini berkesempatan untuk menemui Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan pada Selasa (31/8).

Diterima diruang kerja Bupati, Fery kemudian memperkenalkan diri dan para pendampingnya yaitu Kepala Divisi Keimigrasian Pamuji Raharja, Plt. Kepala Divisi Pemasyarakatan Eka Jaka Riswantara, Kasubbag Humas, RBTI Zulzaeni Mansyur, Kepala Kanim Ketapang M. Ali Hanafi serta Kepala Rutan Putussibau, Rio M. Sitorus.

Kakanwil Kemenkumham Kalbar yang menjabat sejak Januari 2021 ini kemudian menjelaskan mengenai kondisi satuan kerjanya di Putussibau, khususnya mengenai kondisi Kantor Imigrasi Kelas III TPI Putussibau yang hingga saat ini masih menumpang di rumah dinas eks wakil Bupati Kapuas Hulu, dimana pada lokasi tersebut rentan untuk terendam banjir.

Untuk itu, Fery berharap Bupati Kapuas Hulu dapat turut membantu mencarikan solusi atas permasalah ini, apalagi hal ini menyangkut hal pelayanan keimigrasian bagi masyarakat di Kabupaten Kapuas Hulu.

Selain itu, Fery juga membahas tentang kondisi perbatasan di sepanjang wilayah Kabupaten Kapuas Hulu yang berbatasan langsung dengan Serawak-Malaysia.

Untuk hal tersebut, Bupati Kapuas Hulu yang juga baru menjabat sejak Februari 2021 ini mengatakan akan siap membantu. Fransiskus Diaan mengaku baru tahu bahwa Kanim Putussibau sekarang masih menempati aset daerah Kabupaten Kapuas Hulu. Diaan juga turut menjelaskan kondisi yang ada di Kapuas Hulu saat ini khususnya di Kota Putussibau yang memang hingga saat ini sangat rentan terkena banjir, karena diapit oleh 3 buah sungai besar yaitu sungai Kapuas, sungai Sibau dan sungai Mendalam yang mengakibatkan bila sungai-sungai tersebut meluap akan membanjiri wilayah kota Putussibau.

“Untuk saat ini, gedung kantor kami masih belum ada yang tidak terpakai. Tahun depan juga kemungkinan kami juga direlokasi juga. Karena bila tidak ada halangan, Kantor Bupati akan direnovasi habis karena sudah kurang layak berdasarkan pendapat dan rekomendasi para ahli bangunan, sudah berdiri lebih dari 40 tahun. Hingga saat ini kami juga masih mencari tempat untuk relokasi”, ungkap Diaan.

Lebih lanjut Diaan mengatakan bahwa diharapkan bila Gedung Kantor Bupati Kapuas Hulu yang baru sudah jadi, yang diperkirakan rampung tahun 2024 nanti, kemungkinan akan ada gedung kantor dinas yang kosong karena akan digabung di gedung baru nantinya. Saat ini Kapuas Hulu juga sedang merombak struktur Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sehingga diharapkan nantinya akan ada gedung kantor yang dapat dipinjampakaikan sebagai Kantor Imigrasi Putussibau.

Kepala Divisi Keimigrasian, Pamuji Raharja di kesempatan tersebut menjelaskan bahwa saat ini, Pemkab Kapuas Hulu sudah menghibahkan lahan seluas sekitar 15 ribu m­2 yang diperuntukkan bagi pembangunan gedung Kantor Imigrasi Putussibau yang baru. Namun hingga saat ini, anggaran untuk pembangunan gedung kantor tersebut masih belum dapat dipergunakan terkait belum adanya izin prinsip dari pusat.

Menutup pertemuan, Kakanwil mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan. Fery berharapkan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dapat senantiasa memberikan dukungan terhadap satuan kerja Kementerian Hukum dan HAM baik Imigrasi maupun Pemasyarakatan dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat di Kabupaten Kapuas Hulu ini. (nar/ft : eth/hrs)

Sumber : Humas Kanwil Kalbar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here