Monev Pembinaan JDIH ke UPT, Bidang Hukum Kanwil Kemenkumham DIY Sosialisasikan Aplikasi ILDIS

0
61

(Vibizmedia – Nasional) YOGYAKARTA – Bidang Hukum Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DIY melaksanakan monitoring dan evaluasi pembinaan anggota Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) di masing-masing Unit Pelaksana Teknis (UPT) wilayah DIY. Dalam kegiatan monev juga dilaksanakan sosialisasi aplikasi Indonesian Legal Documentation and Information System (ILDIS).

Kegiatan monev telah dimulai pada Rabu (1/9/2021) hingga Kamis (2/9/2021) dan dipimpin Kepala Bidang Hukum, Kus Aprianawati. Tim Monev melaksanakan tugas melakukan pembinaan JDIH di daerah meski di tengah pandemi Covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Monev kali ini sekaligus juga untuk menyosialisasikan penggunaan aplikasi ILDIS kepada seluruh UPT dan anggota jaringan JDIH di DIY serta pembinaan dalam hal pengelolaan JDIH di masing-masing UPT,” ujar Kus.

Kantor Wilayah sebagai perpanjangan tangan Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) di daerah bersama Biro Hukum Provinsi mempunyai tugas melakukan pembinaan bagi kemajuan JDIH di daerah dalam hal pengelolaan dokumen hukum yang dikelola oleh masing-masing anggota jaringan.

Sesuai Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2012 bahwa BPHN adalah sebagai Pusat Jaringan, sedangkan Biro Hukum, Bagian Hukum Pemda, Sekretariat DPRD, Universitas, dan Perpustakaan yang mengelola dokumen hukum adalah sebagai anggota jaringan. Selanjutnya, dalam Permenkumham Nomor 8 Tahun 2019 terdapat pedoman dalam mengelola JDIH di masing-masing instansi.

Di Provinsi DIY sendiri, seluruh Pemda dan Sekwan sudah terintegrasi dengan BPHN sehingga memudahkan pengguna layanan untuk mengakses seluruh dokumen hukum yang dibutuhkan melalui aplikasi ILDIS yang dikembangkan oleh BPHN.

Sumber : Kanwil Jogja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here