Kanwil Kumham Kalbar Gelar Rapat Harmonisasi Rancangan Perda Penanaman Modal Kab. Melawi

0
71

(Vibizmedia – Nasional) Pontianak – Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat menggelar Rapat Harmonisasi Perancangan Peraturan Daerah Kabupaten Melawi tentang Penanaman Modal, bertempat di Ruang Rapat I Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Jumat (03/09).

Rapat dihadiri oleh Kabid Hukum, Edy Gunawan, Kasubbid Fasilitasi Pembentukan Produk Hukum Daerah, Dini Nursilawati, Perancang Peraturan Perundang-undangan Zonasi Kabupaten Melawi. Selain itu juga diikuti via zoom oleh Kabag Peraturan Perundang-undangan Biro Hukum Setda Prov. Kalbar, Rosiana, Kabag Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Melawi, Agustian Sumardi, Perwakilan Biro Perekonomian Setda Prov. Kalbar, Wike, Perwakilan Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Melawi, Ida Suriyati, dan Perwakilan Dinas Penanaman Modal dan PTSP Prov. Kalbar.

Rapat dibuka oleh Kabid Hukum Kanwil Kemenkumham Kalbar, Edy Gunawan, dilanjutkan pembahasan Raperda yang dipandu oleh Kasubbid Fasilitasi Pembentukan Produk Hukum Daerah, Dini Nursilawati.

Dalam pembahsannya ini didapatkan kesimpulan bahwa, dalam rangka pengembangan investasi, Pemerintah Kabupaten Melawi berkomitmen untuk terus meningkatkan daya saing penanaman modal. Iklim penanaman modal harus diciptakan untuk mendorong berkembangnya kegiatan ekonomi yang dapat mengubah keunggulan komparatif (comparativeadvantages) menjadi keunggulan kompetitif (competitiveadvantages), sehingga dapat meningkatkan daya saing perekonomian secara berkelanjutan. Untuk mendorong terciptanya iklim usaha daerah yang kondusif bagi penanaman modal dan penguatan daya saing perekonomian daerah serta mempercepat peningkatan penanaman modal, diperlukan arah dan pijakan yang dijadikan pedoman dalam penanaman modal di daerah.

Peraturan Daerah yang mengatur tentang Penanaman Modal di Kabupaten Melawi dalam perumusannya didasarkan pada prinsip demokrasi, pemerataan dan keadilan, peran serta masyarakat dan akuntabilitas dengan memperhatikan potensi daerah. Penetapan Peraturan Daerah tentang Penanaman Modal di Kabupaten melawi bertujuan untuk kepentingan dan kemanfaatan umum berpegang teguh pada asas pembentukan dan asas materi muatan Peraturan Perundangan-undangan.

Sumber : Kanwil Kalbar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here