Kanwil Malut Ikuti Kegiatan Pelaksanaan Supervisi Penyusunan RKA K/L TA 2022 Oleh Biro Perencanaan Kemenkumham RI

0
66

(Vibizmedia – Nasional)Ternate, malut.kemenkumham.go.id – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (kemenkumham) Maluku Utara mengikuti kegiatan pelaksanaan supervisi Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga atau RKA K/L Tahun anggaran 2022 pada Satuan Kerja di wilayah oleh Biro Perencanaan Kemenkumham RI.

Kegiatan diikuti oleh seluruh satuan kerja Kemenkumham yang ada di wilayah secara daring. Sementara itu, Kepala Bagian Program dan Humas, Irwan Kadir, didampingi oleh Kepala Sub Bagian Program dan Pelaporan, Burhani Hadad, operator dari Lapas Kelas IIB Sanana, Rutan Kelas IIB Weda, Bapas Kelas II Tidore, serta operator dari divisi pemasyarakatan, keimigrasian, dan pelayanan hukum mengikuti di Ruang Rapat Lantai 2 pada Rabu (02/9), serta Unit Pelaksana Tugas yang lain mengikuti di tempat tugas masing-masing.

Sebelum kegiatan dimulai, Irwan Kadir menyampaikan bahwa Kanwil Maluku Utara mengikuti kegiatan secara daring di Ruang Rapat bersama dengan 9 orang operator dari setiap divisi dan UPT. Sementara terdapat 10 orang perwakilan dari UPT lain yang ikut secara mandiri dan daring di ruangan masing-masing. “Selanjutnya saya kembalikan untuk kemudian kegiatan dibuka oleh Biro Perencanaan,” Singkatnya.

Kepala Sub Bagian Penyusunan Program dan Anggaran II Biro Perencanaan, Aditya Rachman, yang membawakan materi supervisi ini, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah menyempatkan diri untuk hadir mengikuti jalannya kegiatan. Ia mengatakan bahwa fokus supervisi penyusunan RKA K/L ini adalah kesesuaian pagu, baik itu pagu total, pagu perprogram, maupun pagu perjenis belanja.

“Selain itu, target volume rincian output yang telah ditetapkan oleh unit, kesesuaian postur anggaran dengan standar biaya, baik standar biaya masukan maupun standar biaya keluaran yang telah ditetapkan, kesesuaian dokumen pendukung seperti KK, RAB, rencana penarikan dana, kalender kerja, data dukung belanja modal, dan rincian kertas kerja satker, juga menjadi fokus dalam supervisi ini,” Kata Aditya.

Mekanisme yang akan dilakukan adalah dengan memanfaatkan breakout class room dari software virtual zoom meeting. Terdiri dari 3 orang pendamping dari Biro Perencanaan yang akan mendampingi satker untuk menyusun RKA K/L masing-masing. “Walaupun masih baru, insya Allah bisa membantu menjawab dan memberikan solusi terhadap permasalahan yang terjadi di wilayah. Jadi jangan ragu jika ada yang mesti di tanyakan atau ada yang perlu untuk dikonfirmasi,” Jelasnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan supervisi atau pendampingan penyusunan RKA K/L oleh Biro Perencanaan kepada operator yang bertugas menyusun perencanaan anggaran di wilayah kerjanya.

Sumber : Humas Kanwil Malut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here