Pengawasan dan Pembinaan Notaris Oleh TIM MPWN Kanwil Kumham Malut di Bumi Hibua Lamo Halmahera Utara

0
81

(Vibizmedia – Nasional) Tobelo, malut.kemenkumham.go.id – Kementerian Hukum dan HAM RI sebagai Lembaga pemerintah yang melantik dan mengangkat Notaris tidak akan pernah berhenti untuk melakukan pengawasan dan pembinaan guna mewujudkan Notaris yang berkinerja baik dan sesuai aturan. Seperti halnya Tim Majelis Pengawas Wilayah Notaris atau MPWN Maluku Utara yang kembali melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap 5 Notaris diantaranya, Verawati Lieke, S.H., M.Kn, Tresya Anggojoyo, S.H., M.Kn, Suzana, S.H., M.Kn, Elvira Agustian Jusuf, S.H., M.Kn, dan Deflin Simange, S.H.

Melalui arahan Kepala Kantor Wilayah M. Adnan, yang juga selaku ketua MPWN, Tim yang berjumlah 5 orang tersebut meluncur ke Bumi Hibua Lamo, tepatnya di Tobelo Kabupaten Halmahera Utara pada Rabu, (01/9). Diantaranya, M. Anshar A Basinu, dan Tatiek Nurdjanti, dari unsur Notaris, DR. Syawal Abdulajid dan Jamal Hi Arsyad, dari unsur Akademisi, Serta Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Zulfikar Gailea, dari unsur Pemerintah.

Zulfikar menyampaikan bahwa pengawasan dan pembinaan terhadap Notaris akan terus dilakukan untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat. “Hal tersebut dilaksanakan berdasarkan UU No. 2 Tahun 2014 tentang perubahan atas UU No. 30 Tahun 2004, Pasal 70 huruf b Jo Pasal 16, serta Permenkumham No. 15 Tahun 2020. Semua aturan tersebut, mengarah pada seluruh proses administrasi jabatan Notaris, mulai dari pengangkatan, pengawasan, hingga tata cara pemeriksaan,” Jelas Zulfikar.

Sementara itu, Tatiek Nurdjanti, dalam kesempatan yang sama mengatakan peran Notaris menjadi penting untuk dapat mendukung peningkatan perekonomian sesuai dengan tugas dan fungsinya yang telah diatur sesuai ketentuan. “Harapan kedepan, agar seluruh Notaris dapat lebih profesional dan teliti lagi dalam melaksanakan tugas pokok fungsinya sebagai pejabat Notaris dan PPAT,” Kata Tatiek.

“Hal ini untuk menghindari kerugian yang dialami oleh masyarakat saat membuat akta tanah,” Tambah Tatiek.

Dalam pelaksanaannya, Tim MPWN Malut tidak menemukan pelanggaran berarti terhadap yang bersangkutan. Hanya terdapat beberapa perbaikan-perbaikan secara administratif.

Sumbwr : Humas Kanwil Malut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here