Hadiri Rapat Timpora Kabupaten Pasaman, Kakanwil Tekankan Pentingnya Pengawasan Orang Asing di Masa Pandemi Covid-19

0
87

(Vibizmedia – Nasional) Pasaman – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Barat, R. Andika Dwi Prasetya menghadiri dan membuka Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Wilayah Kabupaten Pasaman Tahun Anggaran 2021 pada Rabu (8/9) bertempat di Hotel Arumas, Lubuk Sikaping. Rapat ini difasilitasi oleh Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Agam yang dipimpin oleh Kepala Kantor Imigrasi, Qriz Pratama.

Kakanwil hadir didampingi Kabid Intelijen dan Penindakan, R. Hendiartono. Rapat ini dihadiri juga oleh Asisten Pemerintah Pasaman Lot Frieddo Rama mewakili Bupati Pasaman. Selain itu, hadir pula jajaran Forkopimda  Kabupaten Pasaman serta seluruh anggota Timpora Kabupaten Pasaman.

Dalam sambutannya, Kakanwil pentingnya pengawasan orang asing untuk menjaga tetap terpeliharanya stabilitas nasional dari dampak negatif yang timbul akibat adanya perlintasan orang antar negara, keberadaan, serta kegiatan orang asing di wilayah Negara Republik Indonesia.

“Ditambah dalam suasana Pandemi Covid-19 yang melanda negeri, sehingga akan menjadi kesempatan bagi setiap warga negara asing untuk melakukan pelanggaran mengingat saat ini pemerintah sedang fokus pada penanggulangan  Covid-19 di Negeri tercinta kita ini”, ujar Kakanwil.

Sehubungan dengan kondisi politik dan keamanan di Negara Afghanistan yang tidak stabil mengakibatkan adanya eksodus yang dilakukan warga negara Afghanistan, Kakanwil menyatakan bahwa kondisi ini juga menjadi perhatian serius Pemerintah Indonesia, khususnya Dirjen Imigrasi.

“Peraturan terkait pembatasan orang asing saat ini mengacu pada Permenkumham No 27 Tahun 2021 tentang Pembatasan Orang Asing ke Wilayah Indonesia dalam Masa Pemberlakuan PPKM Darurat”, sambung Kakanwil melanjutkan.

Kakanwil juga menjabarkan bukti nyata koordinasi dan sinergi  Timpora yang telah dilaksanakan, yakni pengamanan Warga Negara Pakistan yang diduga telah melakukan penyalahgunaan ijin tinggal dengan bekerja sama dengan Polres Kota Padang Panjang.

Karena itu, Kakanwil menekankan bahwa kegiatan rapat Timpora ini penting dilaksanakan sebagai wadah untuk berbagi informasi agar terlaksananya tugas pengawasan orang asing secara efektif dan optimal.

“Sebagai tempat sharing dan berbagi informasi, tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan”, ujar Kakanwil.

Sumber : (Humas Kemenkumham Sumbar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here