Webinar Kehumasan, Teknik Penulisan Berita

0
95

(Vibizmedia – Nasional) Tim Humas Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kanwil Kemenkumham Sulsel ikuti Webinar Kehumasan yang diselenggarakan oleh Rutan Kelas I Makassar melalui Aplikasi Zoom Meeting, Selasa (7/9).Hadir Sebagai narasumber, Direktur Sosialisasi Komunikasi dan Jaringan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), M. Akbar Hadiprabowo membahas terkait Teknis Penulisan Berita. Menurutnya, hal penting yang perlu diperhatikan dalam penulisan berita ada empat yakni manfaat berita, nilai berita, gaya penulisan berita, dan membuat press release.

“Sebagai organisasi pemerintahan, manfaat berita kepada publik yakni penyampaian tugas pokok dan fungsi, sebagai pertanggungjawaban publik, membangun kepercayaan publik, bentuk transparansi, dan membangun citra positif lembaga,” Kata M. Akbar.

Kemudian, Nilai berita menurut Akbar kerap disebut sebagai Kriteria Berita (News Criteria) yang merupakan ukuran untuk menentukan seberapa besar porsi media menyiarkan sebuah peristiwa dan sekaligus seberapa besar perhatian pembaca terhadap peristiwa tersebut.

“Beritanya mengandung unsur kekinian, tidak biasa/unik/jarang terjadi, penting, berdampak besar, kedekatan, menyangkut orang terkenal, terdapat unsur konflik, dan sisi lain kehidupan, Ungkap Mantan Kasubag Humas Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham itu.

Akbar juga mengatakan agar humas itu dalam membuat suatu pemberitaan agar menggunakan gaya bahasa yang ringkas, padat, atau to the point, dan menarik.

Terakhir akbar menjelaskan terkait langkah-langkah penulisan pres release. “Lakukan perencanaan dengan mencari stimulus dan membuat TOR, pengumpulan bahan dengan riset atau reportase, menulis, editing dengan gaya bahasa yang menarik serta melakukan check dan recheck, dan sharing ke media atau orang yang membutuhkan release tersebut,” Tutup M. Akbar.

Sumber : Humas Kanwil Sulsel

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here