Kadiv Admin Ikuti Webinar “Mendukung UMKM Merambah Pasar Nasional”

0
64

(Vibizmedia – Nasional) Pontianak – Kamis (09/09) Dalam rangka mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sekaligus mengoptimalkan Portal Lelang Indonesia sebagai sarana pemasaran dan penjualan UMKM, Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat, Anggiat Ferdinan, mengikuti webinar yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kalimantan Barat dengan tema “Mendukung UMKM Merambah Pasar Nasional” di ruang Kepala Divisi Administrasi.

Webinar dibuka oleh Kakanwil DJKN Kalimantan Barat, Edward UP Nainggolan, dilanjutkan pemaparan oleh keynote speech webinar, Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan, dan Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Rionald Silaban.

Narasumber pada webinar kali ini, Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi,memaparkan tentang Strategi Pemberdayaan UMKM Sambas Merambah Pasar Nasional dan Global. Fahrur menjelaskan mengenai potensi wilayah serta data produksi dan komoditas pertanian dan perikanan Kabupaten Sambas. Fahrur juga memberi tahu produk unggulan apa saja yang ada di Sambas. Peran Pemda Sambas dalam strategi pemberdayaan UMKM Sambas adalah dengan dimulainya produk unggulan yaitu Pengembangan ovop (one village one product) atau satu desa satu produk unggulan lokal bersinergi dengan investasi yang merupakan pola pengembangan potensi unggulan suatu wilayah untuk menghasilkan satu produk lokal khas berdaya saing global dengan mengoptimalkan sumber daya disekitarnya

Narasumber dari DJKN yaitu Direktur Lelang DJKN, Joko Prihanto, memberikan pemaparan tentang Mendukung UMKM Melalui Portal Lelang Indonesia. Pengertian lelang secara umum adalah penjualan barang yang terbuka secara umum dengan penawaran harga secara tertulis dan/atau lisan yang semakin meningkat atau menurun untuk mencapai harga tertinggi, yang didahului dengan pengumuman lelang.

Joko mensosialisasikan aplikasi lelang online melalui lelang.go.id. Pengembangan lelang online yaitu memasarkan lelang melalui pengembangan fitur lelang.go.id secara terintegrasi (one stop service) untuk transaksi dan sekaligus informasi dengan tujuan mengenalkan lelang sebagai sarana jual beli yang mudah, objektif, dan aman.

Sumber : Kanwil Kalbar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here