Kanwil Kemenkumham Bengkulu Ikuti Sosialisasi Pemanfaatan Sertifikat Elektronik

0
88

(Vibizmedia – Nasional) BENGKULU – Bertempat di Aula Fatmawati, Kanwil Kemenkumham Bengkulu mengikuti kegiatan sosialisasi Pemanfaatan Sertifikat digital secara daring, Kamis (9/9/2021). Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala bagian Program dan Humas (Masnawati), didampingi Kepala sub bagian Humas, Reformasi Birokrasi dan teknologi informasi (Afrilinda), Kepala sub bagian Kepegawaian, tata usaha, dan rumah tangga (Tosimun) beserta staff bagian divisi administrasi Kanwil Kemenkumham Bengkulu.

Kegiatan diawali oleh Kepala Pusat data dan Teknoogi Informasi (Hermansyah siregar) yang menyampaikan mekanisme, manfaat dan fungsi sertifikat elektronik di lingkungan Kementerian hukum dan HAM, dengan tingkat pendaftaran sertifikat elektronik sebanyak 24,2% secara nasional di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM, oleh karena itu pihak Pusdatin terus mendorong agar jajaran pegawai pada satuan kerja Kanwil turut aktif dalam mengajukan permohonan implementasi sertifikat elektronik.

Selanjutnya Kepala Bidang data dan Pengamanan Jaringan Pusdatin (Chusni Thamrin) menjelaskan bahwa jajaran Pegawai Kemenkumham beratanggung jawab atas keamanan dan data sertifikat elektronik , selain itu jajaran pegawai diminta untuk memanfaatkan email dinas resmi dari Kemenkumham yang secara fungsi lebih aman.  Beliau juga menjelaskan saat ini jumlah sertifikat elektronik yang sudah terbit sebanyak 1060, 12.709 pemohon belum membuat passphrase.

Dalam kegiatan ini turut disampaikan mengenai paparan aplikasi Panter (Penandatanganan Elektronik) milik Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang berguna untuk melakukan verifikasi dan identifikasi pengirim atau penandatangan dokumen secara elektronik juga untuk memastikan keutuhan dari dokumen tersebut atau tidak ada perubahan dalam pengiriman dokumen.

Sumber : HUMAS Kanwil Bengkulu  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here