Monitoring dan Penguatan ZI menuju WBK/WBBM oleh Tim Penilai Internal Pembangunan ZI

0
115

(Vibizmedia – Nasional) Gorontalo – Kamis (09/09) Dengan mengambil tempat di Aula Kantor Wilayah, Pelaksanaan Entry Meeting Monitoring dan Penguatan Zona Integritas menuju WBK/WBBM di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Gorontalo Tahun 2021 oleh TPI (Tim Penilai Internal) dilaksanakan secara tatap muka, dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan Mars Kementerian Hukum dan HAM. Kegiatan ini diikuti Kepala Satuan Kerja dan perwakilan pokja masing-masing satuan kerja.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo, Hantor Situmorang memberi sambutan sekaligus membuka kegiatan ini. Dalam awal sambutan, beliau mengatakan Reformasi Birokrasi merupakan salah satu langkah awal untuk melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif dan efisien, sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat, dan profesional, sebagaimana tercermin dalam tiga sasaran hasil utama program Reformasi Birokrasi yaitu Birokrasi yang Bersih dari KKN dan akuntabel, Birokrasi yang efektif dan efisien, serta Birokrasi yang memiliki pelayanan publik berkualitas.

Pada tahun 2021 jumlah Satker yang diusulkan untuk menjadi Satker berpredikat WBK sebanyak 7 Satker yakni Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo, Balai Pemasyarakatan Kelas II Gorontalo, Lapas Kelas IIA Gorontalo, Lapas Perempuan Kelas III Gorontalo, Lapas Kelas IIB Boalemo dan Lapas Kelas IIB Pohuwato dan Satker yang menuju WBBM sebanyak 2 Satker Kanwil Kemenkumham Gorontalo dan LPKA Kelas II Gorontalo. Namun demikian, Satker yang lolos dari TPI sebanyak 5 Satker yaitu Kanwil, LPKA, Bapas, Kanim dan Lapas Kota Gorontalo.

Kakanwil juga menyampaikan bahwa perubahan demi perubahan yang mengarah pada perbaikan terus tingkatkan mulai dari peningkatan mindset para pelakunya dengan memberikan berbagai workshop/bimtek kepada ASN di lingkungan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya sebagai implementasi dari Corporate University. Kemudian, untuk memberikan kepastian terkait dengan pola mutasi ASN yang non diskriminatif, keadilan dan kesetaraan telah diterbitkan Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah terkait dengan pola mutasi di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo juga sudah mulai diterapkan.

Diakhir sambutan, Kakanwil berharap semoga apa yang menjadi masukan atau rekomendasi dari TPI benar-benar dapat diimplementasikan dengan baik, yang pada akhirnya semua Satker dapat melayani masyarakat dengan sangat baik sebagai amanah yang diberikan olah rakyat sebagai Aparat Pengabdi Masyarakat.

Kegiatan dilanjutkan Penguatan ZI menuju WBK/WBBM oleh Tim Penilai Internal Pembangunan ZI, Erbata Sri Muliatini selaku Pengendali Teknis. Selanjutnya, pemaparan materi oleh Ketua Tim Penilaian Internal, Dewi Ayu Nurmalasari yang membahas mengenai Monitoring dan Penguatan ZI menuju WBK/WBBM pada Satuan Kerja di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo. Dalam penyampaian paparan ini dibahas mulai dari Alur Pembangunan WBK/WBBM, Kunci Keberhasilan WBK, Langkah Strategi membangun WBK/WBBM, hingga Mekanisme Penilaian TPN dan Faktor Penggugur/Kegagalan.

Selanjutnya, TPI melaksanakan Kegiatan Monitoring dan Penguatan Pembangunan ZI Menuju WBK pada Bapas Kelas II Gorontalo dan Kanim Kelas I TPI Gorontalo. Kegiatan Monitoring dan Penguatan Pembangunan ZI menuju WBK/WBBM ini berlangsung mulai dari tanggal 9-13 September 2021 mendatang.

Sumber : Kanwil Gorontalo  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here