Satgas Covid-19 Minta Pemda Evaluasi Keterisian Fasilitas Isoter

0
28
Ilustrasi Isolasi Apung Terpusat. FOTO: PELINDO I

(Vibizmedia-Nasional) Satgas Covid-19 menyebut saat ini keterisian tempat tidur di fasilitas isolasi terpusat (isoter) secara nasional cukup beragam. Tergolong rendah dan cukup terkendali antara 30 – 40% keterisian seperti di provinsi Lampung, Banten, NTT, Kalimantan Selatan dan Papua. Dan yang tergolong tinggi diatas 70% seperti Provinsi di Kalimantan Timur dan Sulawesi Tenggara.

“Bagi daerah dengan keterisian fasilitas isoter amat rendah atau mencapai 0% seperti Aceh dan Gorontalo, mohon mengevaluasi apakah kasus positif yang ada sudah benar-benar dimigrasikan, ke fasilitas isolasi terpusat,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito dalam keterangan pers di Graha BNPB secara virtual, Jumat, 10 September 2021.

Dan bagi pemerintah daerah, per 7 September yang belum memiliki fasilitas isoter seperti Sumatera Barat dan Bengkulu untuk segera menggunakan APBD dan melakukan pengadaan fasilitas isoter. Dan bagi daerah dengan keterisian rendah tetap terus evaluasi keberadaan kasus positif termasuk yang melakukan isolasi mandiri.

“Pastikan semuanya bisa mendapatkan hak untuk melakukan isolasi dengan fasilitas yang memadai dan terpantau baik oleh tenaga kesehatan yang profesional yang sepenuhnya disediakan Pemda,” terang Wiku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here