Evaluasi dan Penelitian Data Dukung Rencana Kerja Tahunan Reformasi Birokrasi Satuan Kerja

0
53

(Vibizmedia – Nasional) Tanjungpinang-, 13 September 2021. Bertempat di Aula Ismail Saleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau, diselenggarakan Kegiatan Evaluasi dan Penelitian Data Dukung Rencana Kerja Tahunan Reformasi Birokrasi Satuan Kerja Di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau Tahun 2021.

Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka percepatan pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau  ini menghadirkan narasumber dari Bagian Reformasi Birokrasi Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.

Hadir secara langsung Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Kepri Ramelan Suprihadi, Kepala Divisi Pemasyarakatan Dwinastiti, Kepala Bagian Program dan Humas Kelik Assimitrianto, serta Plt. Kepala Sub Bagian Humas, Reformasi Birokrasi dan Teknologi Informasi Pratiwi Rahayu beserta jajaran nya. Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kepri, Husni Thamrin membuka acara secara virtual. Beliau dalam sambutan nya menjelaskan pentingnya reformasi birokrasi digaungkan dan di implementasikan dalam suatu instansi termasuk Kementerian Hukum dan HAM.

“ Reformasi Birokrasi merupakan salah satu langkah awal untuk melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintah yang baik, efektif, dan efisien, sehingga dapat melayani secara cepat, tepat dan profesional. Dalam perjalanannya, terdapat kendala yang dihadapi, diantaranya adalah penyalahgunaan wewenang, praktek KKN dan lemahnya pengawasan.” Jelasnya.

Beliau menekankan perlunya komitmen nyata seluruh jajaran di Kanwil Kemenkumham Kepri maupun Seluruh Satuan Kerja dalam mencapai Reformasi Birokrasi yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik yang optimal.

“ Untuk mendorong percepatan pelaksanaan Reformasi Birokrasi dibutuhkan Komitmen dan keterlibatan pimpinan baik di kantor wilayah atau satuan kerja dalam hal untuk pemenuhan data dukung yang diharapkan berdasarkan hasil pelaksanaan 6 area perubahan, kantor wilayah dan satuan kerja harus lebih memaksimal pemenuhan data dukung Rencana Kerja Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dalam rangka mencapai target Road Map RB 2020-2024.” Ujarnya.

Diakhir sambutannya Kakanwil berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang nyata dengan terpenuhi nya seluruh data dukung dan berbagai hal hal lainnya yang terkait dengan pelaksanaan reformasi birokrasi dan rencana kerja tahunan di lingkungan seluruh Satuan Kerja yang berada dibawah naungan Kanwil Kemenkumham Kepri.

“ Semoga dengan adanya kegiatan Evaluasi dan Penelitian Data Dukung Rencana Kerja Tahunan Reformasi Birokrasi Satker ini dapat terpenuhinya indikator penilaian seluruh dokumen data dukung pelaksanaan reformasi birokrasi sesuai dengan apa yang sudah ditetapkan dan di upload pada aplikasi e-RB dan juga lebih meningkatkan kualitas pelaksanaan Reformasi Birokrasi dilingkungan Kantor Wilyah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau ”, pungkasnya.

Selepas pembukaan kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penguatan paparan yang diberikan oleh narasumber yakni Kepala Bagian Reformasi Birokrasi Biro Perencanaan Kementerian Hukum dan HAM Sri Yusfini Yusuf. Dalam paparan nya beliau menyampaikan tujuan dari diselenggarakan nya evaluasi kaitan nya dengan Reformasi Birokrasi dan RKT yang ada di lingkungan Satuan Kerja Kanwil Kemenkumham Kepri.

“ Terdapat Beberapa Tujuan mengapa evaluasi ini perlu dilakukan, pertama mulai dari Memberikan saran perbaikan percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi, Menilai perkembangan pelaksanaan reformasi birokrasi hingga akhirnya dapat mencapai Pelayanan publik yang baik dan berkualitas, Pemerintahan yang bersih, akuntabel, dan berkinerja tinggi, dan Pemerintahan yang efektif dan efisien” tuturnya.

Sri Yusfini Yusuf pun menyampaikan hasil verifikasi pemenuhan data dukung Rencana Kerja Tahunan ( RKT ) B03, B06 dan rekapitulasi penyampaian laporan pelaksanaan reformasi birokrasi seluruh satuan kerja di wilayah Kanwil Kemenkumham Kepri. Selanjutnya dalam paparan nya beliau menyampaikan beberapa catatan evaluasi terkait dengan pemenuhan data dukung Reformasi Birokrasi maupun Rencana Kerja Tahunan di lingkungan Satuan Kerja Kanwil Kemenkumham Kepri.

“ Beberapa catatan evaluasi yang harus dipahami oleh teman – teman semua, salah satunya Komitmen dan keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan unit masing-masing dalam rangka mendorong percepatan pelaksanaan Reformasi Birokrasi Satuan Kerja dengan berbagai macam tujuan salah satunya agar Satuan Kerja menyampaikan progres pelaksanaan reformasi birokrasi melalui pelaporan secara berkala, sehingga dapat dilakukan identifikasi terhadap capaian dan kendala yang dihadapi dalam pencapaian target reformasi birokrasi “, tuturnya. Kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan Data Dukung RB dan RKT yang telah di upload melalui aplikasi e-rb oleh seluruh satuan kerja di wilayah Kanwil Kemenkumham Kepri. Pemeriksanaan ini dilakukan oleh Tim Verifikator RB dan RKT dari Kanwil Kemenkumham Kepri.

Sumber : Kanwil Kepri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here