Kakanwil Lantik dan Ambil Sumpah Notaris Pengganti Kabupaten Lombok Barat

0
51

(Vibizmedia – Nasional) Mataram, 14 September 2021 – Bertempat di Aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Barat, Kepala Kantor Wilayah, Haris Sukamto melantik dan mengambil sumpah Notaris Pengganti Kabupaten Lombok Barat.

Kegiatan yang juga dihadiri oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Harniati, ini melantik Nurlaila sebagai notaris pengganti dari Ni Nyoman Ridha Widayanti dan Agus Fatoni Rizal sebagai notaris pengganti dari Jenny Rosini.

Dalam amanatnya, Haris, mengatakan kepada kedua notaris pengganti untuk tetap patuh dan taat terhadap Undang-Undang serta untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya.

“Saat ini Notaris sudah dibekali dengan SIPARIS, Sistem Pengaduan dan Pelaporan Notaris. Yang mana ini merupakan wadah masyarakat sebagai pengguna layanan untuk memberi tanggapan, kritik dan saran kepada notaris,” tutur Haris.

Berdasarkan ketentuan Pasal (1) angka (3) Undang-Undang No. 2 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2004 Tentang Jabatan Notaris bahwa Notaris pengganti adalah seorang yang untuk sementara dilantik sebagai notaris untuk menggantikan notaris yang sedang cuti, atau untuk sementara berhalangan menjalankan jabatannya sebagai notaris.

Notaris Pengganti melaksanakan tugas hanya sementara, untuk menjaga kesinambungan jabatan notaris sesuai kewenangan notaris sebagaimana diamanatkan oleh Undang-undang.

Sumber : Kanwil NTB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here