Tujuh Issue Prioritas Yang Dibahas Dalam KTT G20 Tahun 2022

0
181
Sumber: Kemenkeu

(Vibizmedia – Economy & Business) – Indonesia akan menjadi tuan rumah sekaligus Presidensi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 tahun 2022. Dalam pertemuan yang mengusung tema Recover Together Recover Stronger.

Ini merupakan kali pertama Indonesia terpilih Sebagai Presidensi G20, sejak dibentuknya G20 pada tahun 1999. Selama masa Presidensi, Indonesia berperan menentukan agenda prioritas dan memimpin rangkaian pertemuan G20.

Ada tujuh isu keuangan global terkini yang akan dibahas.

Pertama, koordinasi dalam memulihkan ekonomi global. G20 akan mencari waktu yang tepat untuk setiap anggotanya mengurangi kebijakan fiskal dan moneter terkait penanggulangan dampak pandemi Covid-19.

Kedua, dampak perekonomian dari pandemi Covid-19 melalui penguatan efisiensi dan produktivitas untuk mendukung perekonomian jangka panjang.

Ketiga, acuan dalam pengembangan uang digital yang diterbitkan oleh Central Bank Digital Currency (CBDC).

Keempat, memperkuat sistem pembayaran untuk aktivitas pembayaran lintas negara (cross border payment).

Kelima, mengembangkan sumber pembiayaan yang dapat mendukung upaya dunia dalam mengatasi isu perubahan iklim (sustainable finance)untuk menciptakan ekonomi hijau dan berkelanjutan.

Keenam, bagaimana mendorong perluasan inklusi keuangan melalui pemanfaatan digitalisasi ekonomi dan keuangan.

Ketujuh, pelaksanaan global taxation principal, berupa insentif pajak, pajak dan digitalisasi, penghindaran pajak, hingga Base Erosion and Profit Shifting (BEPS).

“Kebijakan perpajakan menu prioritas yang penting bagi Indonesia. Karena Indonesia sedang menjalankan reformasi,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani, Selasa (14/9).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, dengan menjadi tuan rumah di Presidensi G20, Indonesia memiliki kesempatan untuk ikut menentukan arah desain kebijakan pemulihan ekonomi global terutama pada masa pasca pandemi Covid-19.

Belinda Kosasih/ Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here