Nyam-nyam Uwenak: Kue Lumpur

0
220

(Vibizmedia-Nyam-nyam Uwenak) Kue lumpur merupakan jajanan tradisional yang sering kita jumpai di pasar atau di toko kue tradisional. Kue ini termasuk kue basah berbahan dasar tepung terigu, kentang dan telur. Dahulu, kelapa parut menjadi hiasan yang diletakkan di atas kue. Sekarang yang menjadi toping di atasnya sering ditambahkan kismis untuk pemanis.

Konon kue lumpur berasal dari bangsa Portugis yang membawanya ke Indonesia. Nama aslinya yaitu pasteis de nata, di mana dibuat dari custard, susu, dan keju. Custard merupakan campuran susu dan kunging telur. Ketika berada di Indonesia, bangsa Portugis membuat adonannya disesuaikan dengan bahan yang sering ditemui di Indonesia. Sehingga terbuat dari kentang atau pun tepung terigu.

Yuk kita lihat dulu resepnya dari Chef Andri Thio yang simple dan sangat mudah untuk dicoba sendiri di rumah lho..

Bahan yang diperlukan.

1. Kentang yang sudah dikukus 250 gram
2. Tepung terigu 250 gram
3. Gula pasir 125 gram.
4. Telor 2 butir.
5. Santan 125 ml.
6. Mentega yang sudah dicairkan 50 ml
7. Garam 1/2 sdt.
8. Vanily 1/2 sdt.

Bahan tambahan.
1. Mentega untuk mengoles cetakan.
2. Kismis
3. Keju yg sdh dipotong kotak kecil.

Cara membuatnya:

Masukkan kentang yang sudah ditumbuk halus semuanya lalu gula pasir dimasukkan semua. Lalu masukin santan perlahan atau 1/2. kemudian bahan yang ada diaduk. Setelah itu perlahan masukkan terigu, setelah sudah cair maka bisa mulai untuk diblender. Semua bahan bahan dimasukkan termasuk vanilla dan garam. Pastikan tidak ada yang menggumpal. Terigu sudah disaring terlebih dahulu ya.
Setelah itu panaskan cetakan kue Lumpur oleskan mentega dan adonan kue lumpur dapat dimasukkan kedalam cetakan. Setelah setengah matang bisa ditambahkan toping kismis, keju potong. Tutup kembali dan bisa dicek dengan tusuk sate kematangannya. Kalau sudah mengembang dan matang matikan kompor dan angkat kue lumpur yang sudah jadi.

Selamat mencoba resep membuat kue lumpur yang lembut dan gurih….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here