Menkumham Kunjungi Tiga UPT Pemasyarakatan Martapura

0
70

(Vibizmedia – Nasional) Martapura, Humas_info – Setelah Sebelumnya mendarat di Kalimantan Selatan pada Rabu kemarin, Tim Penguatan Zona Integritas yang terdiri dari Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM Bidang Sosial, Min Usihen bersama Staf Khusus Menteri Bidang Media dan Komunikasi, Milton Hasibuan, melanjutkan kegiatannya dengan bergerak cepat melakukan pembinaan dan penguatan jajaran Satuan Kerja Kemenkumham Kalsel. Memasuki hari kedua di Kalsel, Tim bergerak melakukan penguatan di tiga UPT Pemasyarakatan yaitu Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Martapura (LPP Martapura), LPKA Kelas I Martapura (LPKA Martapura), dan LPN Kelas IIA Karang Intan (LPN Karang Intan) secara maraton pada Kamis (16/09/2021).

Kunjungan tim didampingi oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Sri Yuwono dan Kepala Pelayanan Hukum dan HAM, Ngatirah. Kunjungan pertama dilakukan pada LPP Martapura, Tim Penguatan ZI memantau secara langsung fasilitas pelayanan yang tersedia serta memberikan beberapa masukan dalam pelayanan yang diberikan. Usai melakukan pemantauan layanan, dilanjutkan dengan melihat langsung proses mempersiapkan bahan masakan untuk WBP dengan mengunjungi Dapur Bersih yang juga menjadi salah satu program unggulan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan untuk mendorong seluruh jajaran UPT Pemasyarakatan untuk mensukseskan program dapur higienis.

Min Usihen juga memberikan arahan yang serupa di tiga Lembaga Pemasyarakatan tersebut, bahwa pembangunan Zona Integritas bukan hanya untuk memperoleh predikat. “Pembangunan ZI bukan hanya meraih predikat baik WBK maupun WBBM, tapi yang tidak kalah penting adalah membangun budaya kerja yang baik pada seluruh jajaran dan memiliki komitmen nyata yang sama dan kuat. Membangunnya pun juga melalui integritas dan selalu berinovasi di dalam prosesnya,” ujarnya saat menyampaikan penguatan.

Senada dengan Min Usihen, Milton mengingatkan pada jajaran Tim Pokja untuk memperhatikan hal-hal penting yang berkaitan dengan pembangunan Zona Integritas. “Perhatikan kembali peraturan-peraturan terkait pembangunan Zona Integritas yang merupakan bagian dari Grand Design Reformasi Birokrasi, perhatikan pula tugas dan fungsi dari masing-masing Tim Pokja WBK agar paham betul apa yang harus dilakukan dan yang terpenting adalah pimpinan bisa memanfaatkan potensi yang ada sebagai sumber daya dalam mensukseskan Zona Integritas,” ucapnya.

Datangi LPKA Martapura dan LPN Karang Intan, Tim Penguatan ZI juga melakukan pemantauan pada fasilitas maupun sistem pelayanan yang ada dan memberiksn masukan untuk meningkatkan kinerja pelayanan dan dilakukan penguatan dengan pemaparan materi terkait ZI oleh Staf Ahli dan Staf Khusus Menkumham, semua dilakukan untuk mempersiapkan seluruh Satuan Kerja khususnya di Kalimantan Selatan dalam menghadapi Tim Penilai Nasional (TPN) yang nantinya akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2021. (Humas Kanwil Kalsel, foto dan teks : Pendi, ed : Eko)

Sumber : Kanwil Kalsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here