Pemeriksaan Dokumen Keimigrasian dan Perizinan Usaha Orang Asing

0
63

(Vibizmedia – Nasional) Lombok Utara, 22 September 2021  – Tim Pengawasan Orang Asing (TIM PORA) Tingkat Wilayah Provinsi NTB  melaksanakan kegiatan Operasi Gabungan (OPGAB) Pengawasan Orang Asing di wilayah Gili Trawangan.Penanggung jawab kegiatan Operasi Gabungan ini langsung di pimpin oleh Haris Sukamto sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTB yang langsung memberi arahan terkait pedoman pelaksanan dan tujuan di adakannya kegiatan ini, salah satu tujuan kegiatan tersebut adalah agar memastikan pelaksanaan  event World Superbike Mandalika yang di rencanakan pada tanggal 12-14 November 2021  dapat berjalan dengan baik dan lancar;

Tim 1 dipimpin langsung oleh Parlindungan, Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham  NTB, melakukan pengawasan orang asing di wilayah bagian tengah gili trawangan. Personil tim ini terdiri dari Kabid Inteldakim Divisi Keimigrasian, POLDA NTB, KOREM 162/WIRA BHAKTI, dan Kejaksaan Tinggi NTB.

Sementara dua tim lainnya menyebar untuk melakukan pengawasan di bagian utara dan selatan gili trawangan. Tim pengawasan orang asing juga melibatkan personil dari, Lanud Zam, BIN Provinsi NTB, Disnakertrans NTB, BNNP NTB, DIT 32 BIN, DPM PTSP NTB dan seluruh Kepala Kantor Imigrasi se-NTB.

Dalam kegiatan OPGAB pengawasan ini seluruh anggota TIM PORA melakukan pemeriksaan Dokumen Keimigrasian dan izin tinggal, dan perizinan usaha terhadap orang asing yang bertujuan untuk memastikan legalitas keberadaan dan kegiatan orang asing, mengingat di masa Pandemi COVID-19 ini diduga masih adanya orang asing yang tidak memperpanjang Izin Tinggal nya (over stayer) atau melakukan penyalahgunaan izin tinggal.

Pukul 10.00 WITA Tim tiba di gili Trawangan dan langsung bergerak ke 3 (tiga) SPOT wilayah operasi masing-masing yang diduga sebagai tempat penginapan dan tempat bekerja seperti  Hotel, Homestay, Villa, Restoran, Diving Center dan Café yang berada di seluruh wilayah Trawangan.

Sumber : Humas Kemenkumham NTB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here