Rapat Pembahasan NA Raperda tentang Penyelenggaraan Kerja Sama Daerah

0
54

(Vibizmedia – Nasional) YOGYAKARTA – Tim Perancang Perundang-undangan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DIY menghadiri rapat penyempurnaan Laporan Pendahuuluan dan Naskah Akademik Raperda DIY tentang Penyelenggaraan Kerja Sama Daerah. Sejumlah saran disampaikan dalam rapat tersebut.

Rapat dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna DPRD DIY, Jumat (24/9/2021). Hadir Tim Perancang Kanwil DIY, yakni Ni Made Wulan, RL Panji Wiratmoko, Anita Marthasari, dan Ruly Nindasari Sihmawati.

Rapat juga dihadiri Sekretariat DPRD DIY, Bappeda DIY, Dinas Perizinan dan Penanaman Modal DIY, Biro Tata pemerintahan Setda DIY, dan Tim Ahli Penyusun Naskah Akademik, dengan dibuka oleh Kasubbag Pembentukan Produk Hukum Sekretariat DPRD DIY, Rio Kamal Syiefa.

Dalam rapat tersebut disampaikan saran penyempurnaan mengenai pengumpulan data dan penyajian data dari hasil wawancara yang kurang diuraikan. Selain itu, Bab II belum menyajikan secara jelas praktik penyelenggaraan atau fakta empiris yang terjadi dalam praktek penyelenggaraan.

“Kajian permasalahan yang dihadapi masyarakat serta penerapan sistem atau kebijakan yang baru seperti apa? Menyarankan untuk beberapa peraturan –perundang-undangan yang sudah tidak berlaku atau dicabut tidak perlu dicantumkan,” ujar Tim Perancang.

Dalam Bab III disarankan untuk ditambahkan Raperda tentang RPJMD, PP tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, Pergub Nomor 91 tTahun 2012 tentang Tatacara Kerja Sama Daerah, dan Perda Nomor 3 tahun 2020 tentang Pengelolaan Wilayah Perbatasan.

Saran perbaikan untuk Bab III juga disampaikan mengenai perubahan terkait aturan. Disarankan pula tentang perlunya kajian terkait TAPD.

Sumber : Humas Kemenkumham Jogja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here