BEI: Harapkan Hasil Right Issue BRI Mampu Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Makro

0
76

(Vibizmedia – IDX Stocks) – Bursa Efek Indonesia berharap hasil dana rights issue PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. bisa mengakselerasi pertumbuhan ekonomi mikro.

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Inarno Djajadi mengatakan rights issue yang dilakukan emiten berkode saham BBRI itu adalah yang terbesar sepanjang sejarah pasar modal. Pasalnya perseroan mampu menghimpun dana hingga mencapai Rp96 triliun. “Ini rights issue terbesar di Indonesia dan kawasan Asia Pasifik serta masuk tujuh besar di peringkat global sejak 2009,” katanya pada Rabu (29/9/2021).

Inarno mengaku bangga atas pencapaian emiten plat merah tersebut. Sebab penggalangan dana berlangsung di tengah situasi dan kondisi yang menantang.

Meski demikian, investor asing dan lokal tetap menyerap seluruh penawaran. Inarno berpendapat itu adalah tanda jika para investor masih optimistis dengan prospek ekonomi Indonesia di masa kini dan masa depan.

Menurutnya setelah aksi korporasi tersebut, kepercayaan investor terhadap pasar modal akan semakin bertambah. Selain itu juga ikut menarik investor untuk masuk.

Pergerakan saham BBRI hari ini dimulai dari dibuka sama dengan posisi penutupannya terakhir yakni di Rp3.720. Kemudian bergerak dalam rentang 3690 -3750 yang akhirnya di tutup naik 0.54% atau 20 poin ke level Rp3740 per lembarnya.

Jumlah saham yang diperjualbelikan pada sepanjang perdagangan hari ini ada sebanyak 143.08 juta lembar dengan nilai mencapai Rp533.28 miliar dan nilai kapitalisasi pasarnya mencapai Rp567.90 triliun.

Untuk kinerja satu minggu terakhir saham BBRI telah naik sebesar 3.60% namun untuk sepanjang tahun ini, masih terkoreksi cukup dalam yakni 7.10 persen.

Selasti Panjaitan/Vibizmedia
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here