Nyam-Nyam Uwenak: Lezatnya Abon Ikan Tongkol

0
108

(Vibizmedia-Nyam Nyam Uwenak) Abon ikan tongkol merupakan salah satu lauk kering tahan lama yang cara membuatnya pun simpel. Terlebih lagi ikan tongkol banyak dijumpai di pasar tradisional manapun, karena memang habitatnya di laut Indonesia sangat melimpah. Tentunya kelezatan rasanya dan tekstur dagingnya yang tebal serta harga yang terjangkau membuat ikan tongkol ini sering diolah menjadi lauk sehari-hari.

Ikan tongkol sering diolah menjadi abon dan dijadikan sebagai persediaan lauk yang awet disimpan hingga beberapa hari. Aromanya abon ikan ini berbeda lho, sangat menggoda selera. Abon ikan terkenal kaya nutrisi dan protein, sangat tepat untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga.

Chef Andri punya resep memasak yang mudah dan sederhana lho untuk dicoba. Jangan dilewatkan resep yang satu ini. Yuk, kita lihat cara memasaknya.

Bahan yang diperlukan

1. Ikan tongkol yang segar 1 ekor ukuran 600 gram.
2. Bawang merah 10 siung
3. Bawang putih 5 siung
4. Cabe merah besar 6 buah
5. Cabe merah kriting 15 buah.
6. Cabe rawit merah 8 buah
7. Tomat merah 2
8. Daun jeruk 5 lembar.
9. Minyak goreng 200 ml

Bahan tambahan.
1. Gula pasir 2 sdt
2. Garam 2 sdt
3. Kaldu bubuk 4 sendok

Cara Masak
1. Ikan tongkol dibersihkan lalu dikukus terlebih dahulu. Setelah matang dan dingin ikan tongkol disuwir suwir halus. Blender bumbu bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe kriting, cabe rawit dan tomat.

2. Panaskan minyak di wajan lalu tumis bumbu yang diblender sampai berubah warnanya masukkan daun jeruk serta bumbu tambahan diaduk rata kembali, kemudian masukkan ikan tongkol yang sudah disuwir suwir diaduk rata. Sampai semua ikan masuk kedalam bumbu. Dengan api kecil kita tunggu sampai semua bumbu kering, menyerap dan tidak ada minyak lagi. Sekitar 45 menit sampai 1 jam setelah kering matikan kompor dan abon ikan tongkol siap disajikan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here