Strategi Pemulihan Ekonomi Nasional

0
32
Ilustrasi pemulihan ekonomi. FOTO: KEMENKEU

Salah satu strategi kebijakan pemerintah dalam penyelamatan kesehatan dan perekonomian nasional yakni dengan meluncurkan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Pemerintah melalui Kementrian Keuangan sebagai pemegang otoritas fiskal meluncurkan paket stimulus PEN yang dirancang untuk melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha dalam menjalankan usahanya selama pandemi Covid-19. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk melindungi masyarakat miskin dan rentan miskin agar tidak semakin terpuruk.

Program PEN dilaksanakan oleh pemerintah dengan menggunakan lima instrumen seperti yang diatur pada Pasal 4 dan Pasal 5 PP Nomor 23 Tahun 2020 yakni sebagai berikut:

  1. Penyertaan Modal Negara (PMN)

Penyertaan Modal Negara (PMN) adalah dana yang diambi dari APBN atau sumber lain yang akan digunakan untuk mendukung BUMN dan lembaga lain sesuai dengan undang-undang.

  1. Penempatan Dana

Bank umum juga dibantu oleh pemerintah melalui penempatan dana dengan imbalan bunga tertentu. Pada masa pandemi dana program PEN ditaruh pemerintah pada Bank Umum Mitra yang kemudian diberikan kepada debitur sebagai pembiayaan UMKM untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional.

  1. Investasi Pemerintah

Investasi Pemerintah adalah penempatan sejumlah dana dan/atau asset keuangan dalam jangka panjang untuk investasi dalam bentuk saham, surat utang dan/atau investasi langsung guna memperoleh manfaat ekonomi, sosial, dan/atau manfaat lainnya.

  1. Penjaminan

Sebagai dukungan dalam pemulihan ekonomi nasional dilakukannya pemberian penjaminan untuk pemenuhan kewajiban finansial penerima jaminan. Kegiatan ini dilakukan oleh pemerintah dan badan usaha penjamin.

  1. Kebijakan pemerintah melalui belanja negara

Program PEN melalui belanja negara tersebut termasuk tetapi tidak terbatas pada:

  1. a)  pemberiansubsidibungakepadadebiturperbankan,perusahaanpembiayaan, dan lembaga penyalur program kredit Pemerintah yang memenuhi persyaratan; dan/atau
  2. b)  jaringpengamansosial(socialsafetynet)termasukbantuansosialdanbantuan Pemerintah.

Pelaksanaan program PEN dan berbagai intervensi kebijakan penanganan pandemi menyebabkan pelebaran pada defisit anggaran. Beberapa langkah- langkah kebijakan yang ditempuh oleh Pemerintah antara lain adalah refocusing dan realokasi anggaran dan revisi pada pelebaran defisit anggaran yang diizinkan. Untuk memberikan landasan hukum, pemerintah mengeluarkan PERPPU 1/2020 yang merevisi batas maksimum defisit anggaran yang diizinkan yang sebelumnya batas defisit yang diizinkan yakni maksimum 3 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB), pada tahun 2020 hingga 2022 defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) ditetapkan dapat melebihi 3 persen. Defisit anggaran pada APBN 2020 yakni sebesar 6,09 persen dan sebesar 5,70 persen untuk alokasi APBN 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here