Wapres K.H. Ma’ruf Amin: Bangun SDM Unggul, UNTIRTA Perlu Kembangkan RIN dan Tingkatkan Kolaborasi

0
39
Wapres K.H. Ma’ruf Amin pada Peringatan Dies Natalies ke-40 Universitas UNTIRTA melalui konferensi video dari Kediaman Resmi Wapres, Jl. Diponegoro No.2, Jakarta Pusat, Jumat (01/10/2021). (Foto: KIP SETWAPRES)

(Vibizmedia – Jakarta) SDM Unggul merupakan salah satu program prioritas pemerintah. Sebagai lembaga pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) dituntut untuk melahirkan lulusan yang unggul untuk mewujudkan program tersebut. Untuk itu, UNTIRTA perlu melakukan pengembangan riset dan inovasi (RIN) sekaligus meningkatkan kolaborasi dengan para pemangku kepentingan.

“Semoga di usia yang makin matang ini, UNTIRTA dapat terus mengembangkan riset dan inovasi dengan memanfaatkan teknologi informasi dan sekaligus mendorong penggunaan energi hijau. Saya juga mengharapkan UNTIRTA untuk terus meningkatkan kerjasama dan kolaborasi dengan dunia usaha dan dunia industri (DU/DI), lembaga riset dan perguruan tinggi lainnya baik di dalam maupun di luar negeri, serta menjadi mitra pemerintah dalam membangun SDM unggul,” harap Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin pada Peringatan Dies Natalies ke-40 Universitas UNTIRTA melalui konferensi video dari Kediaman Resmi Wapres, Jl. Diponegoro No.2, Jakarta Pusat, Jumat (01/10/2021).

Dalam acara yang mengangkat tema “Bersinergi, Berinovasi, dan Berprestasi Membangun Negeri di Masa Pandemi” tersebut, Wapres juga mengucapkan selamat kepada UNTIRTA yang telah memasuki usia empat dekade.

“Semoga dalam usia empat dekade ini, UNTIRTA semakin matang dan mampu mewujudkan Integrated Smart and Green (It’S Green) University, yang unggul, berkarakter dan berdaya saing di kawasan ASEAN tahun 2030,” ucapnya.

Di samping itu, Wapres juga memberikan apreasiasi atas prestasi yang diraih oleh UNTIRTA dalam kepedulian terhadap gerakan kampus hijau dan pelestarian lingkungan serta perolehan medali emas oleh mahasiswa UNTIRTA berkat inovasi dan penelitian start-up.

“Saya juga mengucapkan selamat kepada UNTIRTA atas penganugerahan “The Best New Participating University”, dengan meraih peringkat UI Green Metric ke-30 sebagai sustainable university in Indonesia pada tahun 2020. Secara khusus Saya juga memberikan apresiasi atas prestasi para mahasiswa UNTIRTA yang memperoleh medali emas pada kejuaraan inovasi dan penelitian start-up di ajang World Turkey Competion pada tahun 2021,” ujar Wapres bangga.

Dalam kesempatan tersebut, kembali Wapres mengingatkan tentang pandemi Covid-19 yang belum berakhir. Ia pun berharap UNTIRTA dapat mendukung program pemerintah dalam percepatan penanganan pandemi.

“Saya mengajak seluruh sivitas academika UNTIRTA, utamanya para dosen dan seluruh mahasiswa, untuk mendukung program pemerintah dalam percepatan penanganan pandemi Covid-19, menyukseskan program vaksinasi dan sekaligus mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional untuk membangun Indonesia lebih baik,” imbaunya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo yang juga hadir secara virtual, berpesan agar aktivitas akademik harus kreatif dan berkualitas untuk menghasilkan SDM Unggul dan utuh serta menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan.

Di tengah dunia yang penuh disrupsi, lanjut Presiden, banyak sekali ilmu pengetahuan dan keterampilan yang mudah menjadi tidak relevan, banyak pekerjaan yang hilang tetapi juga banyak hal yang baru bermunculan. Untuk itu Presiden menekankan, lembaga pendidikan tinggi harus mendampingi mahasiswa untuk menghadapi perubahan-perubahan itu, untuk menyongsong masa depan.

“Saya berharap UNTIRTA terus berinovasi dalam menghadapi dunia yang penuh disrupsi, mampu menyiapkan SDM Unggul yang kompetitif serta menghasilkan ilmu pengetahuan yang kontributif bagi kemajuan Indonesia,” harapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here