Berikan Penguatan New SPIP dan Penerapan Manajemen Resiko ke UPT

0
84

(Vibizmedia – Nasional) Bertempat di Aula Pengayoman Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo, Satuan Tugas Pelaksana Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Kanwil Kemenkumham Gorontalo kembali memberikan penguatan kepada para jajarannya yang tersebar di 8 Unit Pelaksana Teknis baik Pemasyarakatan maupun Keimigrasian, Jumat (1/10).

Penguatan ini terkait penerapan New SPIP 2021 yang sudah harus terinternalisasi dan terlaporkan sebelum tanggal 05 oktober nanti.Bertindak sebagai narasumber yakni Kepala Divisi Administrasi Dwi Harnanto yang juga sebagai ketua satuan tugas pelaksana SPIP dan Unit Pemilik Risiko di kantor wilayah kementerian hukum dan ham gorontalo, Hot Mulian Silitonga selaku Kepala Bagian Program dan Kehumasan, Mananga P. Biantong selaku Kepala Sub Bagian Program dan Pelaporan, serta Irvan Arifin selaku Penyusun laporan dan hasil evaluasi di Kantor Wilayah Kemenkumham Gorontalo.

Inti dari penguatan yang diberikan pada kesempatan ini adalah penambahan 11 area pengendalian yang harus tertuang secara terurai dan eksplisit yakni, Pembangunan Integritas / Nilai-Nilai Organisasi, Pengendalian Risiko, Pengembangan Kompetensi Pegawai, Hubungan Kerja / Kemitraan, Keandalan Sistem Informasi, Pembinaan SDM, Ketepatan Struktur Organisasi, Pengamanan Aset, Reviu Atas Kinerja, Peran Satuan Tugas SPIP serta Pemantauan.

Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mitra strategis di Unit Pelaksana Teknis dalam pengendalian intern di masing masing satuan kerja, sehingga dapat meningkatkan nilai maturitas SPIP Kemenkumham Gorontalo yang pada tahun 2019 berhasil naik ke level 3 dengan rincian progres hasil self assesment Itjen untuk tahun 2020 mendapatkan skor 3.882, score ini meningkat dari tahun sebelumnya yaitu 3.4648 dengan QA oleh BPK sebesar 3,3091.

Kegiatan dihadiri oleh 22 orang peserta yang terdiri dari Pejabat serta Operator SPIP dan Manajemen Resiko dari seluruh UPT di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo.

Sumber : Humas Kemenkumham Gorontalo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here