Penyuluh Hukum Zonasi Beri Penyuluhan di Kelurahan Demangan

0
75

(Vibizmedia – Nasional) Yogyakarta_Penyelenggaraan Bantuan Hukum kepada warga negara merupakan upaya untuk memenuhi dan sekaligus sebagai implementasi negara hukum yang mengakui dan melindungi serta menjamin hak asasi warga negata akan kebutuhan akses terhadap keadilan dan kesamaan dihadapan hukum. Untuk itu guna pembinaan kelompok Keluarga Sadar Hukum (kadarkum) di Kelurahan Demangan maka Penyuluh Hukum Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM D.I.Yogyakarta zonasi Kota Yogyakarta, Jum’at ( 01/10/21).

Menurut Sudi Wastuti, penyuluh hukum madya menjelaskan tujuan penyuluhan tersebut adalah untuk memberikan pemahaman terkait dengan tugas dan fungsi kelompok kadarkum sebagai wadah dalam memberikan pemahaman terkait dengan norma dan aturan hukum dalam masyarakat sehingga kesadaran hukum dapat terwujud dengan baik.

“Bantuan hukum yang diselenggarakan pemerintah bertujuan untuk menjamin hak mendapatkan akses keadilan dan mewujudkan peradilan yang efektif , efisien, dan dapat dipertanggungkan.”kata Sudi Wastuti saat memberikan pengarahan. Adapun ruang lingkup pemberian bantuan hukum disebutkan ada dua hal yaitu litigasi yang terdiri dari masalah pidana, perdata dan TUN, sedangkan non litigasi diantaranya seperti penyuluhan hukum, konsultasi hukum, mediasi, negosiasi dan pemberdayaan masyarakat.

“”Kadarkum adalah wadah yang berfungsi menghimpun warga masyarakat yang dengan kemauannya sendiri berusaha untuk meningkatkan kesadaran hukum bagi masyarakat. Berharap agar setiap anggotta masyarakat mengetahui dan meningkatkan kesadaran akan hak dan kewajibannya sebagai Warga Negara Indonesia.” kata Aris Bimo.

Dijelaskan oleh Aris Bimo bahwa Kadarkum adalah merupakan wadah yang berfungsi menghimpun masyarakat yang atas kemauannya sendiri berusaha untuk meningkatkan kesadaran hukum baik bagi dirinya sendiri maupun masyarakat pada umumnya. Adapun tujuan utama dibentuknya Keluarga Sadar Hukum adalah untuk mewujudkan kesadaran hukum masyarakat yang lebih baik sehingga setiap anggota masyarakat dapat menyadari dan menghayati hak dan kewajibannya sebagai warga negara serta mewujudkan budaya hukum dalam sikap dan perilaku yang sadar, patuh, dan taat terhadap hukum dan menghormati hak asasi manusia, Sedangkan kadarkum mempunyai fungsi sebagai wadah untuk menghimpun warga masyarakat yang berkesadaran hukum serta bertugas meningkatkan kadar kesadaran hukum bagi para anggotanya maupun masyarakat sekitarnya.

Guna meningkatkan kualitas anggota kadarkum Aris Bimo juga menyarankan agar Kelompok “Kadarkum Demangan” secara intens dapat menggandeng para stake holder yang ada di kota Yogyakarta seperti Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Kepolisian RI, BNN, Dinas Perdagangan dan lain-lain.

Ketua Kadarkum Demangan Ign. Prayoga Sunaryo, SH. dan Lurah Demangan Sunu Sari Husada, S.IP  menyambut baik Kegiatan penyuluhan hukum tersebut karena dapat menambah wawasan hukum dan meningkatkan kualitas bagi anggotnya sehingga dapat menjadikan bekal untuk berperan serta ikut mendorong dalam meningkatkan kesadaran hukum di wilayahnya, dan mereka mengharapkan kegiatan penyuluhan semacam ini dapat dilakukan secara berkesinambungan.

Sumber : (Humas Kanwil Kemenkumham DIY – Yogya Pasti Istimewa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here