Koordinasi dan Pemantauan Pengelolaan JDIH Pada Sekretaris Daerah dan Sekretaris DPRD Kabupaten Halmahera Utara

0
56

(Vibizmedia – Nasional) Tobelo,malut.kemenkumham.go.id- Upaya untuk melengkapi dan memperbaiki kualitas basis data hukum nasional di portal jdihn.go.id yang merupakan wadah untuk mengakses informasi hukum dikalangan masyarakat, Kepala Sub Bidang Penyuluhan Hukum,Bantuan Hukum dan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum melakukan koordinasi pada Sekretaris Daerah Kabupaten Halmahera Utara dan Sekretaris DPRD Halmahera Utara bertempat pada ruang rapat kerja.

Dalam kegiatan Koordinasi tersebut tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan koordinasi dipimpin oleh Kepala Sub Bidang Penyuluhan Hukum,Bantuan Hukum dan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum, Anita Safitri didampingi rombongan dan bertemu dengan Sekretaris Daerah Halmahera utara, E.J.Papilaya, Kabag Hukum dan HAM , Hairuddin Dodo, Staf ahli Bidang Hukum HAM, Jemi Duan, dan Kabag Administrasi . Rabu (06/10/2021)

Keesokan harinya koordinasi dilanjutkan bertemu dengan Sekretaris DPRD Halmahera Utara, Abdul Azis dan dihadiri oleh Kabag Umum, Wahyu Ahmad, Kabag Keuangan Poltje Mullo, dan Kasubag beserta Tim IT pengelolah JDIH Sekwan.Kamis (07/10/2021)

Mengawali Koordinasi, Kasubid Penyuluhan Hukum, Bantuan Hukum dan JDIH menyampaikan terimakasih kepada seluruh staf Sekretaris Daerah dan Sekteraris DPRD Halmahera Utara yang telah menyambut dengan hangat dan baik atas kedatangan dan rombongan.

Selanjutnya, Kasubid Penyuluhan Hukum, Bantuan Hukum dan JDIH menyampaikan untuk melengkapi dan memperbaiki kualitas basis data. Dalam kesempatan itu juga menyampaikan terkait dengan melakukan pemantauan kelengkapan dan pemutakhiran data dokumen hukum yang ada di aplikasi pemda kabupaten Halmahera utara.

“Setelah kami evaluasi dan kami pantau di website ternyata pada aplikasi e-report portal jdihn.go.id belum melakukan penginputan secara lengkap. Jadi maksud kedatangan kami untuk melakukan pembimbingan bagaimana terkait penginputan e-reporting pada aplikasi tersebut karna penilaian pengelolaan JDIH bagaimana ketegorinya mengisi e-reporting pada aplikasi itu,”Ujarnya.

Hairudidn Dodo Kabag Hukum dan HAM saat memberikan arahan terkait pelaksanaan tugas kanwil kemenkumham malut memberikan apresiasi kepada kanwil kemenkumham malut harapannya kinerja tersebut dapat mendukung pembangunan hukum dan ham diwilayah malut.

“semoga ini menjadi motivasi dan mengacu kami kedepannya dalam upaya pengelolaan jaringan dokumentasi informasi hukum,” Ujarnya.

Selanjutnya, Abdul Azis Sekretaris DPRD Halmahera Utara saat memberikan arahan terkait maksud dan tujuan pembimbingan pengisian e-reporting JDIH.

“Saya berharap kunjungan kerja ini dapat dimanfaatkan dan dimaksimalkan oleh operator-operator kita supaya menuju pencapaian prestasi yang sudah dijelaskan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga tim rombongan Penyuluhan Hukum, Bantuan Hukum dan JDIH memberikan arahan tentang petunjuk teknis penginputan data pada aplikasi website jdihn.go.id terhadap pegawai pemangku jabatan IT pada Kantor Sekda Halmahera utara dan Sekretaris DPRD Halmahera Utara.

Diakhir arahan Kasubid Penyuluhan Hukum, Bantuan Hukum dan JDIH berharap sinergitas tersebut terus dapat dijalin dan diperkuat kedepannya.

“Bahwa pengelolaan website JDIH harus terus dilakukan secara berkala agar dokumen hukum bisa terus diupdate dan metadata yang disesuaikan dengan standar pengelolaan dokumen dan informasi hukum agar website tersebut dapat menjadi sumber informasi hukum dikalangan masyarakat,”Ujarnya.

Sumber : (Humas, Reformasi Birokrasi, dan Teknologi informasi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here