ASN Kanwil Kemenkumham NTT Mengikuti Bimtek AHU ONLINE

0
94

(Vibi\zmedia – Nasional) Bali _ Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) Kementerian Hukum dan HAM telah menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) AHU Online bertempat di The Westin Resort Nusa Dua Bali. “Ditjen AHU berkomitmen mempermudah pendaftaran perseroan perorangan kepada pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) guna memberikan stimulus ekonomi masyarakat selama pandemi covid-19 dikarenakan sektor UMKM menyerap lebih dari 113 juta tenaga kerja. Salah satu usaha pemerintah yaitu dengan memperkenalkan badan hukum baru berupa Perseroan Perorangan agar pelaku UMK dapat segera mendaftarkan pendirian usahanya yang berbadan hukum,” ujar Sri Yuliani, Direktur Teknologi Informasi Ditjen AHU saat memberikan laporan penyelenggara.

Kegiatan bimtek ini juga diikuti oleh ASN Kanwil Kemenkumham NTT, antara lain : Cornelia Radho (Penyuluh Hukum), Arnolus Bailao dan Polce Nitbani (JFU pada Subbid Pelayanan AHU). “Kami sangat mengharapkan bapak/ibu peserta bimtek akan menjadi ujung tombak melakukan diseminasi oleh penyuluh hukum terkait pendaftaran perseroan perorangan baik dari segi kebijakan maupun teknis,”ujarnya.

Untuk diketahui, badan hukum perseroan perorangan telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang memenuhi kriteria UMK termasuk Perseroan Perorangan. Lebih lanjut pemerintah juga telah menerbitkan peraturan pelaksana atas Undang-Undang Cipta Kerja terkait Perseroan Perorangan yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 2021 tentang Modal Dasar Perseroan serta Pendaftaran, Pendirian, Perubahan dan Pembubaran Perseroan yang memenuhi kriteria untuk UMK. Selain itu, Kemenkumham juga telah menerbitkan Permenkumham RI Nomor 21 Tahun 2021 tentang Syarat dan Tata Cara Pendaftaran, Pendirian, Perubahan, dan Pembubaran Badan Hukum Perseroan Terbatas. Hal ini merupakan wujud komitmen pemerintah untuk melindungi UMK dengan memberikan status badan hukum dalam bentuk Perseroan Perorangan.

Adapun narasumber dari Direktorat Jenderal Pajak; Bapak Agus Sudiasmoro menyampaikan paparan terkait NPWP dan KSWP berikut simulasi, narasumber dari Badan Koordinasi Penanaman Modal; Bapak Dendy menyampaikan paparan terkait penerbitan NIB berikut simulasi, serta narasumber dari Badan Pusat Statistik; Ibu Lien Suharni menyampaikan paparan terkait Implementasi KBLI 2020.

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan Simulasi Aplikasi Perseroan Perseorangan, pendirian dengan mengisi form yang akan disediakan dalam laman ahu.go.id tanpa akta notaris. Perseroan perorangan ini bersifat one-tier, artinya pemilik perseroan perorangan akan menjalankan sekaligus mengawasi perseroan sehingga melatih pelaku usaha untuk lebih prudent.

Sumber : Humas Kemenkumham NTT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here