Nyam-Nyam Uwenak: Lezatnya Gemblong Manis dan Kenyal

0
116

(Vibizmedia-Nyam Nyam Uwenak) Gemblong merupakan salah satu jajanan pasar yang digemari masyarakat Indonesia, khususnya di daerah Jawa. Rasanya manis dan teksturnya sedikit kenyal dengan bentuknya yang bulat-bulat kecil berlapis gula karamel.

Di beberapa daerah, gemblong dikenal dengan nama yang berbeda. Kalau di Jawa Timur panganan ini biasa disebut getas. Sedikit berbeda dengan gemblong yang menggunakan ketan putih, getas dibuat menggunakan ketan hitam.

Jajanan kue tradisional ini juga banyak dijual di daerah Puncak, Jawa Barat, dan identik sebagai oleh-oleh dari sana. Kue gemblong pada bagian dalamnya terdapat campuran ketan dan kelapa. Rasa gemblong yang manis legit membuat orang jadi kangen dinginnya Puncak.

Yuk kita lihat bagaimana cara membuatnya.

Masukkan tepung sagu ke tepung ketan aduk rata kemudian dicampur dgn parutan kelapa muda sebanyak 50 gram. Diaduk rata semuanya lalu ditambahkan garam diaduk rata kembali. Setelah itu masukkan santan hangat perlahan-lahan sampai semua bahan tercampur dan dapat diuleni sampai kalis tidak menempel lagi.

Setelah kalis kita bentuk bentuk lonjong sampai semua bahan habis, bisa sampai 10 PCs. Kemudian panaskan wajan masukkan minyak dan goreng adonan yg sudah dibentuk.

Siapkan topingnya dahulu.
Sisir gula merah. Panaskan air sekitar 50ml masukkan gula merah yang sudah disisir juga gula putih ditambah daun pandan agar lebih wangi. Diaduk terus sampai cair, dan ketika mulai berbuih dapat dimasukkan gemblong yang sdh digoreng. Diaduk terus sampai semua tertutup dengan gula sampai karmelise. Sudah kering dan semua sudah berbalur gula maka gemblong siap untuk disajikan.

Wah, mudah dan mantap sekali resep membuat gemblong dari Chef Andri. Para pembaca bisa mencoba di rumah kelezatannya…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here