Karakteristik dan Manfaat Lidah Buaya

0
136
(Gambar : Pixabay)
(Gambar : Pixabay)

(Vibizmedia) Lidah buaya (Aloe vera) telah dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan selama berabad-abad, dikarenakan banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat dalam lidah buaya.

Nama botani dari Aloe vera adalah Aloe barbadensis miller. Lidah buaya termasuk dalam suku Asphodelaceae (Liliaceae) dan merupakan tanaman semak, xerophytic, sukulen, kacang tanaman warna hijau. Ada sekitar 4.000 jenis tumbuhan dalam suku Liliaceae, terbagi dalam 240 marga dan dikelompokkan lagi lebih kurang 12 anak suku. Daerah distribusinya meliputi seluruh dunia. Lidah buaya sendiri mempunyai lebih dari 250 jenis tanaman. Habitat dari tanaman lidah buaya ini dapat bertumbuh di daerah kering (Afrika, Asia, dan Amerika). Mengapa hal itu bisa terjadi ? Dikarenakan lidah buaya dapat menutup stomata daun sampai rapat pada musim kemarau untuk menghindari kehilangan air dari daunnya. Lidah buaya juga bisa bertumbuh di daerah beriklim dingin. Tanaman ini termasuk dalam jenis CAM (Crassulacean Acid Metabolism) dengan sifat tahan kekeringan, sehingga tanaman ini mampu bertahan hidup dalam kondisi yang bagaimanapun keringnya.

Begitu beragam kandungan nutrisi yang terdapat dalam pelepah lidah buaya. diantaranya adalah Vitamin (A, B1, B2, B3, B12, C, E, Choline, Inositol, Folic Acid), Mineral (Calcium, Magnesium, Potassium, Sodium, Iron, Seng, Chromium), Enzim (Amilase, Katalase, Cellulose, Carboxylase, Carboxycellulose, Bradykinase), Asam Amino (Arginin, Asparagine, Aspartic Acid, Alanine, Serine, Glutamate, Threonine, Glycine, Phenylalanine, Histidine, Isoleucine).

Lidah buaya mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan manusia, yaitu :

  1. Dapat mengatasi jerawat
  2. Sebagai antimikroba melawan bakteri patogen
  3. Sebagai pembersih tubuh
  4. Sebagai penstabil kadar kolesterol darah
  5. Sebagai pelindung tubuh karena memiliki kandungan antibiotic
  6. Sebagai bahan yang memperlambat penuaan dini
  7. Sebagai bahan anti luka bakar
  8. Menjaga kesehatan rambut
  9. Memperhalus stretch mark
  10. Mencerahkan bibir
  11. Mengatasi iritasi kulit
  12. Sebagai pelembab alami untuk kulit

Ada 3 jenis lidah buaya yang dibudidayakan di dunia, yaitu : Curacao aloe (Aloe barbadensis Miller), Cape aloe (Aloe ferox Miller), dan Socotrine (Aloe perryi baker). Di Indonesia jenis Aloe chinensis Baker banyak dikembangkan, cirinya bunga berwarna oranye, pelepah berwarna hijau muda, pelepah bagian atas agak cekung dan mempunyai totol putih di pelepahnya ketika tanaman masih muda.

Pelepah lidah buaya juga dimanfaatkan oleh beberapa orang untuk diolah menjadi minuman segar lidah buaya. Bahkan dikembangkan juga menjadi berbagai produk olahan mulai dari minuman, dodol, jelly, kerupuk, dan masih banyak lagi. Bermanfaat sebagai bahan baku, industri farmasi dan kosmetik, serta sebagai bahan baku makanan dan minuman kesehatan, obat-obatan yang tidak mengandung bahan pengawet kimia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here