Trade Expo Indonesia Digital Edition 2021 Hasilkan Penjualan Produk Ban US$20 Juta

0
163
Ilustrasi Ban Kendaraan Roda Empat Buatan Indonesia (Foto: Kemkominfo)

(Vibizmedia – Economy Business) Dalam event Trade Expo Indonesia Digital Edition (TEI-DE) 2021 yang digelar secara virtual pada 21 Oktober – 4 November 2021, berhasil menarik minat pembeli dari luar negeri.

Perdagangan B2B yang bertujuan meningkatkan ekspor ini menarik pengusaha dari Mesir untuk membeli produk ban kendaraan roda empat buatan Indonesia sebesar US$20 juta (sekitar Rp285,5 miliar).

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan (Dirjen PEN Kemendag), Didi Sumedi, mengatakan bahwa telah dilakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara pelaku usaha Indonesia dengan mitra dagang asal Mesir yang difasilitasi Kemendag secara daring.

“Penandatanganan MoU antara pelaku usaha Indonesia dan Mesir penting dilakukan untuk meningkatkan kerja sama perdagangan kedua negara. Saya ucapkan terima kasih kepada perwakilan perdagangan Indonesia di Mesir atas dukungannya untuk memfasilitasi bisnis antara Indonesia dan Mesir,” ujar Didi dalam keterangan resmi, Selasa (2/11/2021).

Penandatanganan MoU dilakukan dan disaksikan secara daring oleh Dirjen PEN Kemendag Didi Sumedi dan Duta Besar Indonesia untuk Mesir Lutfi Rauf.

Kemendag berharap transaksi bisnis ini akan meningkatkan hubungan dagang yang baik antara Indonesia dan Mesir.

Sebagai informasi, pada pekan kedua pelaksanaan TEI-DE 2021, Kemendag mencatat total nilai transaksi dagang mencapai US$978,05 juta (sekitar Rp13,9 triliun). Nilai ini diharapkan terus bertambah seiring bergulirnya berbagai transaksi bisnis yang akan dilakukan dengan para pengusaha di pasar-pasar besar lainnya.

Dubes RI untuk Mesir Lutfi Rauf menambahkan, TE-DE 2021 merupakan momen penting bagi pelaku usaha Indonesia dan Mesir karena menunjukkan kerja sama perdagangan yang baik di tengah pandemi COVID-19.

“Momen ini juga membuktikan bahwa pelaku usaha Indonesia dan Mesir berhasil. Pemerintahan Indonesia dan Mesir diharapkan dapat membuat lingkungan bisnis yang kondusif yang saling menguntungkan,” pungkas Lutfi.

Emy T/Journalist/Vibizmedia
Editor: Emy Trimahanani
Foto: Kemkominfo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here