Gebyar Cahaya Warnai Opening Ceremony Peparnas XVI Papua

0
126
Penampilan Drone Light yang membentuk Peta Indonesia di Opening Ceremony PEPARNAS XVI PAPUA 2021 di Stadion Mandala Jayapura, Jumat (05/11/2021), ( Foto: PB.PEPARNAS XVI PAPUA)

(Vibizmedia – Nasional) Opening Ceremony Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua, berlangsung Jumat (5/11/2021) malam, di Stadion Mandala, Jayapura, Papua. Sekitar 500 drone melayang-layang di atas Stadion Mandala Jayapura membentuk konfigurasi cahaya warna-warni.

Acara pembukaan Peparnas kali ini dipenuhi dengan kreatifitas yang memanfaatkan teknologi. Konfigurasi cahaya warna-warni membentuk peta Nusantara, Burung Cenderawasih, maskot Peparnas Hara dan Wara serta ditutup dengan formasi kalimat “Selamat Datang”.

Ketua Opening and Closing Ceremony (OCC) Peparnas Papua, Toton Hutomi, mengatakan ratusan drone tersebut didatangkan dari California dan Dubai. Sementara pilotnya didatangkan dari Eropa dan Singapura.

Pesta kekayaan warna cahaya dari lampu dibalut percikan cahaya kembang api ini memanjakan mata masyarakat Jayapura baik yang menonton langsung di Stadion Mandala, maupun yang menyaksikan melalui layar televisi atau gadget.

Perhelatan pesta olahraga untuk para atlet disabilitas ini dimeriahkan oleh penyanyi Anggun C. Sasmi melantunkan lagu hitsnya “Mimpi” bersama 50 orang paduan suara dari tribun penonton.

Penyanyi Papua jebolan Indonesia Idol, Nowella dan DJ Sammy mengakhiri Pembukaan Peparnas XVI Papua 2021.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin secara resmi membuka Peparnas XVI Papua. Wapres Ma’ruf didampingi Wury Estu Handayani mengenakan jaket olahraga bernuansa biru dan mengenakan hiasan kepala khas Papua.

Untuk menandai dimulainya acara, lagu Indonesia Raya dikumandangkan dengan dipimpin oleh Anggun dan 150 anak-anak Papua. Semua direncanakan pembukaan event ini dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, namun karena Presiden sedang melakukan karantina usai kunjungan kerja di Italia, Inggris, Abu Dhabi, maka digantikan Wapres Ma’ruf Amin.

“Dalam hal ini, Presiden meminta saya untuk membuka Peparnas ini dan Presiden sendiri yang nanti akan menutupnya. Pada PON yang lalu, Presiden membuka acara dan saya yang menutup. Sebaliknya, pada acara ini saya yang membuka dan Presiden yang nanti akan menutupnya,” ujar Wapres.

Presiden Joko Widodo melalui rekaman video menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Papua dan seluruh kontingen Peparnas XVI karena tidak dapat menghadiri upacara pembukaan.

Wapres memberikan apresiasi kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin amali, Gubernur Papua Lukas Enembe serta berbagai pihak yang berkontribusi dalam kerja kerasnya  menyukseskan Peparnas XVI.

“Secara khusus saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada saudara saya, sa pu sodara Gubernur Papua Bapak Lukas Enembe dan seluruh jajaran Pemerintah Daerah Papua selaku Panitia Besar (PB) Peparnas-2021 ini,” katanya.

Emy T/Journalist/VM
Editor: Emy Trimahanani
Foto: PB Peparnas XVI

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here