Nyam-nyam Uwenak: Nasi Goreng Ikan Asin

0
131

(Vibizmedia-Nyam-nyam Uwenak) Nasi goreng merupakan makanan yang dapat ditemui di mana saja, tidak hanya di setiap kota di Indonesia, tetapi di luar negeri pun ada. Setiap daerah selalu memiliki nasi goreng versi sendiri. Nasi goreng sudah menjadi salah satu makanan yang bisa disantap kapan saja dan mudah dibuat. Itu sebabnya tidak heran kalau nasi goreng bisa menjadi sarapan, makan siang, atau juga makan malam.

Kali ini Chef Andri akan memberikan resep andalannya dalam membuat Nasi Goreng Ikan Asin. Wah, membayangkannya saja pastilah membuat selera makan kita tergoda. Yuk, kita lihat resep andalannya…

Nasi Goreng Ikan Asin
1. Nasi secukupnya 100 gram
2. Telor 2 butir. Satu didadar/ceplok dan satu lagi diaduk dengan nasi.
3. Daun bawang 1/2 btg.
4. Toge dan wortel secukupnya segenggam.
5. Gula pasir 1/2 sendok teh
6. Garam 1/2 sendok teh.
7. Kecap ikan 1 sendok teh
8. Kaldu bubuk 1 sendok teh
9. Lada bubuk 1/2 sendok teh
10. Penyedap masakan 1 sendok makan
11. Ikan Jambal yang sudah digoreng 50 gram
12. Cabe rawit merah dan hijau masing masing 1 buah. Dipotong miring.
13. Chop bawang putih 1 siung

Cara Masaknya
Panaskan wajan dengan minyak lalu didadar atau ceplok telor untuk toping. Sesudah itu kembali panaskan minyak, orak arik telor, masukkan bawang putih, aduk sayuran wortel,daun bawang diaduk sampai rata.
Masukkan bumbu penyedap masakan, kecap ikan, lalu garam dan gula semua diaduk rata juga irisan cabe, kaldu bubuk. Setelah itu kita masukkan nasi diaduk sampai semua rata dan tidak ada gumpalan lagi.
Selanjutnya masukkan ikan asin jambal serta toge semua diaduk kembali merata sampai wangi dan tercampur. Sesudah itu matikan kompor maka nasi goreng sudah siap disajikan dengan telor dadar atau ceplok.

Selamat mencoba dan menikmati nasi Goreng Ikan Asin Jambal yang sangat uwenak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here