Sosialisasi Teknis Pelaksanaan Evaluasi TPN bersama dengan TPI Inspektorat Jenderal

0
86

(Vibizmedia – Nasional) Jajaran Kemenkumham Kalsel Lanjut Menyaksikan Sosialisasi Teknis Pelaksanaan Evaluasi TPN bersama dengan TPI Inspektorat Jenderal

Banjarmasin, Humas_Info – Metode penilaian WBK/WBBM pada tahun ini sedikit berbeda, penilaian dilakukan dengan metode sampling berdasarkan jumlah rata-rata jumlah satuan kerja yang memperoleh predikat WBK/WBBM dari jumlah usulan yang disampaikan oleh Tim Penilai Internal (TPI) kepada TPN. Maka dalam rangka evaluasi TPN, TPI dari Inspektorat Jenderal Kemenkumham menggelar sosialisasi teknis yang diikuti secara virtual oleh Kepala Divisi Keimigrasian, Teodorus Simarmata, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas Kanwil Kemenkumham Kalsel yang bertempat di Aula Kantor Wilayah, Jum’at (12/11).

Terpusat pada Inspektorat Jenderal, hadir para Inspektur Wilayah. Inspektur Wilayah VI (Marasidin Siregar) Selaku koordinator TPI menyampaikan beberapa materi berkaitan dengan persiapan penilaian TPN kepada Satker sampel. Penjelasan secara lebih teknis dan mendetil disampaikan oleh Auditor Madya, Doktor Gurning selaku Sekretris TPI Kementerian Hukum dan HAM. Edo, sapaannya menjelaskan metode tahap-tahap pelaksanaan evaluasi TPN, dimana pada tahap I adalah survei online TPN; tahap II adalah panel TPI dan TPN; tahap III evaluasi komponen pengungkit ; tahap IV adalah evaluasi komponen hasil; dan tahap V adalah penetapan satker WBK dan WBBM.

Disampaikan bahwa dari 143 satker sampling, 66 satuan kerja sampling dilakukan penilaian pengungkit melalui zoom dan 77 satuan kerja sampling melalui verifikasi lapangan. di Kalimantan Selatan sendiri, hanya satu satuan kerja yang masuk sampling melalui zoom yakni Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel.

Adapun pelaksanaan desk evaluasi melalui zoom terjadwal pada tanggal 15 s/d 17 November 2021, dan Kanwil Kemenkumham Kalsel terjadwal pada tanggal 16 November 2021 di mana waktu untuk evaluasi per satker hanya selama satu jam. Secara umum desk evaluasi melalui zoom hanya menyajikan paparan ZI dan tidak ada penyajian video profil, bahan-bahan seperti video profil, jingle dan yel-yel dikirimkan pada google drive dan diupload dalam kanal media sosial. Untuk paparan sendiri durasi maksimal 20 menit dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab selama 40 menit membahas pendalaman materi proyek perubahan oleh TPN.

Disampaikan pula kiat-kiat sukses dalam pelaksanaan evaluasi TPN, di antaranya komitmen pimpinan, simplikasi dan inovasi layanan, membangun intimacy dengan stake holder dan manajemen media. (Humas Kanwil Kalsel – foto & teks: Ricky)

Sumber : Humas Kemenkumham Kalsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here