Divisi Keimigrasian Tinjau Pos Perbatasan Simanggaris

0
65

(Vibizmedia – Kaltim) Nunukan – Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau memiliki garis perbatasan yang cukup panjang dengan negara tetangga baik darat, laut dan udara yang merupakan pemisah kedaulatan suatu negara yang didasarkan atas Hukum Internasional, Kalimantan Utara adalah salah satu Provinsi yang memiliki patok terbanyak yaitu 1067 patok yang berbatasan langsung dengan Negeri “Jiran” Malaysia. Sabtu, (13/11/2021) Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kaltim kembali melanjutkan pengecekan terhadap pos perbatasan yang berada di Desa Sekaduyan Taka, Kecamatan Simanggaris, Kabupaten Nunukan.

Pengecekan tersebut dilaksanakan berdasarkan fungsi dari Keimigrasian yang disepanjang garis perbatasan mempunyai tugas sebagai penjaga pintu gerbang Negara dan bagian dari perwujudan pelaksanaan penegakan kedaulatan atas wilayah Indonesia terhadap lalu lintas orang yang melalui wilayah perbatasan.

Pengecekan tersebut ditempuh selama kurang lebih 30 menit menggunakan Speed Boat yang mengarungi Sungai Ular yang dikenal dengan sungai yang memiliki banyak jalur tikus untuk pergi ke Malaysia. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan jalur darat yang memakan waktu kurang lebih 90 menit untuk sampai ke Pos perbatasan Simanggaris Indonesia-Malaysia.

Setiba di Pos Perbatasan tim yang di pimpin oleh Kasubbid Penindakan Keimigrasian (Angga Purnama) dan Kasubbid Perizinan (Muhammad Setiawan) serta staf Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kaltim yang didampingi oleh Pejabat Struktural Kanim Kelas II TPI Nunukan, disambut baik oleh Komandan Pos Jaga Perbatasan (Serda Agus) beserta personil TNI yang bertugas di Pos Perbatasan.

Selanjutnya Komandan Pos Jaga Perbatasan (Serda Agus) mendampingi Tim Divisi Keimigrasian untuk melakukan pengecekan terhadap patok perbatasan antara Kalimantan Utara dengan Sabah yang merupakan negara bagian kedua terbesar di Malaysia.

Sebagai rangkaian akhir kegiatan, Tim Divisi Keimigrasian beserta rombongan berkunjung ke Kepala Desa Sekaduyan Taka (Putra Sinar Jaya) untuk bersilaturahmi sekaligus mencari informasi mengenai Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang direncanakan akan dibangun di Patok 708 yang terdapat di Desa Sekaduyan Taka, Kecamatan Simanggaris, Kabupaten Nunukan.

Sumber : (Red.Humas Kumham Kaltimtara / SPR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here