Banjir di Banyuwangi Berangsur Surut

0
59
Ilustrasi penanganan banjir. FOTO: BNPB

(Vibizmedia-Nasional) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuwangi menyebutkan sejumlah fasilitas terdampak, seperti 1 unit tempat ibadah, 1 unit pasar tradisional dan 1 unit fasilitas pendidikan akibat banjir di dua kecamatan yakni Desa Kandangan di Kecamatan Pesanggaran dan Desa Kedunggebang di Kecamatan Tegaldlimo di Kabupaten Banyuwangi pada Minggu (14/11) pukul 19.00 WIB telah berangsur surut.

Banjir tersebut berdampak pada 66 KK. Saat ini, debit air sungai masih tampak tinggi. Pihak BPBD sejak dini berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat untuk siap siaga dan pendataan.

Menyikapi bencana hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang, angin kencang dan tanah longsor, pemerintah daerah dan masyarakat diimbau untuk waspada dan siap siaga. Warga diharapkan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi bahaya, seperti angin kencang, selama musim hujan ini.

Saat terjadi musim hujan, hindari untuk berlindung di bawah pohon, papan baliho maupun bangunan yang kurang kuat. Upayakan untuk mencari perlindungan di bawah bangunan dengan struktur yang kuat. Di samping itu, petugas daerah maupun warga dapat memotong ranting-ranting pohon baik di ruang publik maupun sekitar rumah. Hal tersebut dapat mengurangi risiko saat pohon terkena angin kencang maupun beban air saat hujan lebat turun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here